STRATEGI THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Lidia Lidia, Mansur Mansur, Ricka Tesi Muskania

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan strategi Think Pair Share. Penelitian ini bagian dari penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 09 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpul yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan instrumen panduan observasi dan checklist dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Think Pair Share peningkatan aktivitas belajar peserta didik diperoleh data sebagai berikut: Prasiklus sebesar 58,30%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,24% menjadi 66,54% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,19% menjadi 75,73%.

Keywords


Strategi Think Pair Share, Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Hakim, L. 2009. Perencanaan Pembelajaran Bandung: CV Wacana

Prima.

Hamalik, O. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:PT Pustaka Pelajar.

Majid, A. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A. 2013. Belajar dan Pembelajaran (Kelemahan Strategi TPS). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. 2006. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudrajat, A. 2008. Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.