PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS FUN LEARNING MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI SDN 1 CEMPAKA

Dwi Ghina Kurniasih, Widia Nur Jannah, Widia Nur Jannah, Fanny Septiany Rahayu, Fanny Septiany Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan guna menguji pengaruh multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kekayaan budaya Indonesia di SDN 1 Cempaka, melalui desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menguji peserta didik melalui pemberian soal pretest dan posttest guna melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi treatment. Penelitian ini menggunakan sampel satu kelas dengan teknik samplingnya purposive sampling. Teknik ini dipilih berdasarkan sasaran penelitian yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Untuk itu, peneliti memilih kelas empat SD Negeri 1 Cempaka dengan jumlah 45 peserta didik sebagai sampel penelitiannya. Penelitian ini mengimplementasikan instrumen soal pretest dan posttest pilihan ganda yang berjumlah 15 butir soal, wawancara kepada wali kelas, dan kuesioner respon peserta didik terhadap penerapan multimedia berbasis fun learning yang berjumlah 15 item pernyataan. Instrumen ini sudah dipastikan kevalidannya oleh ahli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuktikan bahwa multimedia berbasis fun learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui pengujian uji non parametrik yaitu menggunakan uji wilcoxon, dimana signifikansi signifikannya sebesar 0,000 yang artinya taraf signifikansi ≤ 0,005. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana membuktikan adanya pengaruh penerapan multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar materi kekayaan budaya Indonesia karena nilainya meningkat apabila menerapkan multimedia berbasis fun learning dalam pembelajarannya.

Keywords


Multimedia;Fun Learning;Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alyusfitri, R., Nora, Y., & Fadhillah, H. I.

(2023). Analisis Respon Siswa Terhadap

Proses Pembelajaran Berbantuan

Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar.

Pembelajaran. 7(1), 113–126.

https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1

Daud Yahya, M., Budi Susilo, C., Mayadiana

Suwarma, D., Veza, O., Studi Sarjana

Terapan Keperawatan Anestesiologi, P.,

Keperawatan, F., & Studi Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Hubungan

Penggunaan Multimedia dalam

Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil

Belajar Peserta Didik. Journal on

Education, 06(01), 25–34.

Ega, S., Rahayu, F. S., & Nurarafah, W. (2023).

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Kelas IV dengan Model TGT Pada Materi

Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Basicedu,

(5), 3131–3139.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6

Faiz, A., Jannah, W. N., & Adawiyah, R.

(2022). Penggunaan Media Magic Box

Sikla Di Sekolah Dasar. ELSE

(Elementary School Education Journal)

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Sekolah Dasar.

https://doi.org/10.30651/else.v6vi2i.1367

Maisurah, D. (2023). Analisis Respon Peserta

Didik Terhadap Penggunaan Media

Pembelajaran Berbasis Multimedia Di

Sdn 008 Pulau Lancang (Vol. 4, Issue 2).

Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar.

Psikologi Pendidikan, 12–36.

http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB

II.pdf

Nur Jannah, W. (2021). Peranan Technological

Pedadogical Contents Knowledge (Tpack) Dalam Kreativitas Menyusun

Perangkat Pembelajaran (Vol. 13, Issue

.

Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta

Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai

Media Pembelajaran Terhadap Hasil

Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 6(3), 3257–3267.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2

Septiany Rahayu, F., & Nur Tetaripas, K.

(2022). Pendampingan Guru Dalam

Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring

Peserta Didik di Masa Pandemi Melalui

Aplikasi Icando. S U R Y A A B D I M A S

(1), 151–158.

https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.15




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.