KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar dan mengetahui bagaimana implikasinya dalam pembelajaran. Perkembangan anak akan berlangsung secara optimal jika berkembangnya sesuai dengan fase dan tugas perkembangannya masing-masing. Anak usia 6 sampai dengan 12 tahun dalam kategori usia Sekolah Dasar. Pada usia ini, anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beberapa aspek yang berkembang pesat pada usia SD meliputi perkembangan fisik, motorik, kognitif, Bahasa, sosio-emosional, serta agama dan moral. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan dengan menggunakan metode library research atau studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang sejenis, artikel, catatan, serta berbagai jurnal yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pentingnya bagi pendidik dan orang tua untuk memahami karakteristik perkembangan anak dalam berbagai aspek ini agar dapat memberikan dukungan yang sesuai dalam proses pembelajaran dan pertumbuhan mereka kearah yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Talita, Anisa Wulandari, Hanum Salsa Bella, and Tiara Widya Anggraini. 2023. “Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perkembangan Psikologi Anak.” Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2(4): 216–25.
Aprina, Syalsa Dwi et al. 2023. “Analisis Permasalahan Perkembangan Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar Dan Solusinya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3): 31909–16. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/12200.
Berutu, Khairani et al. 2022. “Karakteristik Perkembangan Kognitif Peserta Didik.” Edu manage 1(1): 28–34.
Bujuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9(1): 37. doi:10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.
Desrinelti, Desrinelti, Neviyarni Neviyarni, and Irda Murni. 2021. “Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan Dari Aspek Bahasa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 6(1): 105. doi:10.29210/3003910000.
Dewi, Mera Putri, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni. 2020a. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1): 1. doi:10.30659/pendas.7.1.1-11.
———. 2020b. “PERKEMBANGAN BAHASA, EMOSI, DAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1): 1. doi:10.30659/pendas.7.1.1-11.
Fikriyah, Siti Nur. 2021. “Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar Negeri Tajem A . Pendahuluan Perubahan Secara Drastis Baik Dari Segi Mental Maupun Fisik . Perkembangan Anak Sekolah Perubahanbtinggi Badan Dan Perubahan Berat Badan ( Puspita Dkk , 2018 ).” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1): 200–207.
Hayati, Fitri. 2021. “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur.” 5: 1809–15.
Hidayati, Ani. 2017. “Merangsang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Dengan Pembelajaran Tematik Terpadu.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12(1): 151. doi:10.21580/sa.v12i1.1473.
Ilham, Ilham. 2020. “Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar 4(2): 162–80. doi:10.52266/el-muhbib.v4i2.562.
Istiqomah, Hascita, and Suyadi Suyadi. 2019. “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta).” El Midad 11(2): 155–68. doi:10.20414/elmidad.v11i2.1900.
Kesuma, Ulfa, Khikmatul Istiqomah, and Perkembangan Fisik. 2019. “PERKEMBANGAN FISIK DAN KARAKTERISTIKNYA SERTA PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA PENDIDIKAN DASAR Ulfa Kesuma, Khikmatul Istiqomah 1.” Madaniyah 9(2): 217–36.
Khoiriah, Iswatun, Ifat Nabilah, and Suyadi. 2019. “Analisis Perkembangan Nilai Agama-Moral Siswa Usia Dasar Di MI Ma’arif Bego.” Journal of Primary Education 2(2): 106–19.
Latifah, Umi. 2017. “Aspek Perkembangan Pada Anak Sekolah Dasar: Masalah Dan Perkembangannya.” Academica : Journal of Multidisciplinary Studies 1(2): 185–96. doi:10.22515/academica.v1i2.1052.
Mentor, Katarina Podlogar. 2020. “P.” 3: 114–31.
Nur Amini, and Naimah Naimah. 2020. “Faktor Hereditas Dalam Mempengaruhi Perkembangan Intelligensi Anak Usia Dini.” Jurnal Buah Hati 7(2): 108–24. doi:10.46244/buahhati.v7i2.1162.
Oktavia, Linda Sari, Neviyarni, and Irdamurni. 2021. “Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar : Kajian Untuk Siswa Kelas Rendah.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1823–28.
Rahmat, Pupu Saeful. 2018. Perkembangan Peserta Didik. cetakan 1. ed. Sri Budi Utami. jakarta: Bumi Aksara.
Rahmi, Putri. 2019. “Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak VI(2): 19–44.
Sabani, Fatmaridha. 2019. “Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun).” Didakta: Jurnal Kependidikan 8(2): 89–100.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6(1): 41–53. doi:10.15548/nsc.v6i1.1555.
Siti Anisah, Ani, Sapriya, Kama Abdul Hakam, and Ernawulan Syaodih. 2021. “Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar.” JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia 1(1): 69–80. doi:10.51574/judikdas.v1i1.262.
Wati, Ruja. 2020. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar Di Lingkungan Keluarga.” Palapa 8(2): 369–82. doi:10.36088/palapa.v8i2.910.
Zakiyah, Sinta et al. 2024. “Perkembangan Anak Pada Masa Sekolah Dasar.” 3(1): 71–79.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.14995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.