IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN MEDIA PREZI DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Oktavia Wahyuni Saputri, Imam Rofiki

Abstract


Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang menekankan pada pengembangan kompetensi peserta didik serta menitikberatkan pada materi esensial. Pembelajaran dirancang pada kebebasan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran melalui kegiatan proyek memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengembangkan materi secara luas dari permasalahan di lingkungan sekitar. Penerapan kurikulum merdeka diharap mampu menjadikan pembelajaran lebih efektif. Salah satu pembelajaran yang efektif dalam kurikulum merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi. Dalam mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dapat mengimplementasikan model Learning Cycle 7E yang diintegrasikan dengan media pembelajaran interaktif yaitu prezi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dari implementasi model Learning Cycle 7E berbantuan media prezi dalam pembelajaran berdiferensiasi materi menjaga persatuan pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas 2 SD Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle 7E berbantuan media prezi berperan penting dalam pembelajaran berdiferensiasi di SD. Fungsi media pembelajaran berbasis teknologi dalam kurikulum merdeka sebagai alat bantu untuk menyalurkan dan menguatkan materi kepada peserta didik secara menarik, jelas, dan teliti. Penggunaan media pembelajaran menjadi suatu keniscayaan pada era revolusi 4.0 dan society 5.0 karena peserta didik yang merupakan generasi Z yang terbiasa dalam penggunaan teknologi pada kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya model Learning Cycle 7E yang diintegrasikan dengan media pembelajaran berbasis teknologi memiliki kedudukan dan peran penting dalam pembelajaran berdiferensiasi.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi; Learning Cycle 7E; Prezi

Full Text:

PDF

References


Apriani, D., Sujana, A., &, Kurnia. (2016). Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada materi perubahan sifat benda untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pena Ilmiah .

Ardini, & Sumardi, S. (2022). Pengembangan Media Interaktif Software Prezi pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), pp. 258–266. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1609.

Eisenkraf, A. (2003). Expanding the 5E Model. The Science Teacher, 70(6).

Astria, R. and Kusuma, A.B. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), pp. 112–119. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2647.

Balta, N. and Sarac, H. (2016). The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta-Analysis Study. European Journal of Educational Research, 5(2), pp. 61–72. https://doi.org/10.12973/eu-jer.5.2.61.

Batrakova, I., Ushanov, A., & Ioseliani, A. (2024). Information technology and online resources in the professional activities of preschool teachers. Journal of Applied Research in Higher Education, 16(2), 675-689. https://doi.org/10.1108/JARHE-08-2021-0310

Faiz, A., Pratama, A. and Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), pp. 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Gusteti, M.U. and Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka.. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), pp. 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180.

Huda, C.N., Maftuhah, Y., & Syamsiah, S. (2022). Penggunaan Media Prezi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan. Educatif : Journal of Education Research, 4(1).

Suardana, I Nyoman et al. (2018). Students’ Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction, 11(2), pp. 399–412.https://doi.org/10.12973/iji.2018.11227a.

Idhartono, A. R. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Teknologi Pembelajaran

Karplus, R. (1980). Teaching for the Development of Reasoning. Science Education Information Report: The Ohio State University.

Mecit, Ö. (2006). The Effect of 7E Learning Cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students’ Critical Thinking Skills. Middle East Technical University

Miles, Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. California: Sage Publication.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Novita Sari, F., Indrawati and Wahyuni, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa IPA SMP. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), pp. 105–114. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.241.

Nurdiansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Umsida Press.

Umamah, N. (2017). Kapita Selekta (Pendidikan) Sejarah Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Saputri, Oktavia W and Umamah, N. (2023). The Effect of the Learning Cycle 7E Model with Prezi Media on Problem Solving Skills and History Learning Outcomes. International Journal of Innovative Research in Multidisciplinary Education.

Pham, K. T., Thi Do, L. H., Dinh, H. V. T., Nguyen, Q. A. T., Phan, Q. N., & Ha, X. V. (2024). Professional development of primary school teachers in Vietnamese educational reform context: An analysis from a sociocultural perspective. Education 3-13, 52(3), 428-443. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2168502

Perron, B. E., & Stearns, A.G. (2011). A Review of a Presentation Technology: Prezi. Research on Social Work Practice, 21(3), pp. 376–377. https://doi.org/10.1177/1049731510390700.

Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O.A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 233–237. https://doi.org/10.55681/jige.v3i2.398.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2.

Putri, D.P.E., Djumanto, and Suti Mayanti .(2022). Review: Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan

Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian Kualitatif. Bogor: PT. Filda Fikrindo.

Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentansi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Sanabria-Z, J., Alfaro-Ponce, B., Gonzalez-Perez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2024). Reusable educational resources for developing complex thinking on open platforms. Education and Information Technologies, 29(1), 1173-1199. https://doi.org/10.1007/s10639-023-12316-0

Solehudin, T. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah: Studi Kasus di SMPN 1 Cibungbulang. Computer Based Information System Journal, 7(2), pp. 1–9. https://doi.org/10.33884/cbis.v7i2.1319.

Solehudin, T., Triwoelandari, R. and Kosim, A.M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling.

Spernjak, A. (2014). Is Prezi More Usefullness Education Tool Than PowerPoint?’. ICEMST .

Sujarwo, A. and Kholis, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 3 Buduran. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05.

Suryani, A. I., Anwar, Hajidin, & Rofiki, I. (2020). The practicality of mathematics learning module on triangles using GeoGebra. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1), 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012079.

Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest.

Umamah, N. et al. (2021). Teachers’ ability analysis of developing innovative instructional design’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1), p. 012070. https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012070.

Utami, N.P., Eliza, R., & Warahma, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E. Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01).

Widyawati, R., &Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi. JPGSD, 11.

Yunita. (2014). Model-model Pembelajaran Kimia. Bandung: Insan Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.