IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PAPAN TAKUR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media papan takur dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas II semester I materi penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dengan empat tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Plamongansari 02 dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tes prasiklus diperoleh nilai rata-rata 73 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 53,57%. pada siklus I mengalami peningkatan pada hasil nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 67,85%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata 81 dengan persentase ketuntasan sebesar 78,57%. Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita materi penjumlahan dan pengurangan kelas II SDN Plamongansari 02.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).
Halimah, N., Sutoyo, S., & Prihastari, E. B. (2021).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 9-18.
Kelen, W. M. (2024).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Dalam Penyelesaian Metode Simpleks Ditinjau Dari Gaya Kognitif . Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1217-1223.
Lase, O. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas X SMAN 1 Gomo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7001-7010.
NCTM. (2020). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.
Putri, S. A., Mukhlishina, I., & Sahara, I. F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5776-5784.
Setyawati, A., Kesumawati, N., & Atikah, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 192-201.
Saputri, Y., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis:Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 935-948.
Sari, E. P., Sari, M., & Salamah, S. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan perubahannya Kelas VII. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(2), 300-309.
Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044-1051.
Sari, E. P., Sari, M., & Salamah, S. (2024). Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan perubahannya Kelas VII. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 4(2), 300-309.
Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024, February). Studi Literatur: Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 724-730).
Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14340
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.