IMPLEMENTASI APLIKASI ASISTEN BELAJAR (SI BELA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran merupakan sebuah tuntutan di era digital ini, khususnya pemanfaatan gawai dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran melalui aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) di SDN Rojopolo 07 di Jatiroto untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) mampu meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa. Selain itu, penggunaan media ini juga meningkatkan kemampuan literasi digital siswa karena melibatkan penggunaan smartphone dan aplikasi belajar mandiri. Siswa menjadi lebih terampil dalam mengoperasikan smartphone, menginstal dan mengakses aplikasi, serta memahami konten 3D. Dengan demikian, implementasi pembelajaran melalui aplikasi asisten belajar mandiri (SI BELA) di SDN Rojopolo 07 di Jatiroto berhasil meningkatkan literasi digital siswa kelas V.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital . Kominfo.
Budiningtyas, A. K., Utaminingsih, S., & Fajrie, N. (2022). Pengembangan Media “Pegalinu” Dalam Kemampuan Literasi Digital dan Numerasi Dasar Kelas III di SD Se-Gugus Wibisono Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 1-10.
Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2023). Statistik Pendidikan 2023. Badan Pusat Statistik.
Dwi Fikriyah, F., Rusdhianti Wuryaningrum, W., & Furoidatul Husniah, H. (2014). THE DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BY FLASH ANIMATION FOR 8 GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN DRAMA APPRECIATION.
Handayani, T., Rahmandani, F., & Muzzaki, A. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis digital melalui Liveworksheet untuk membudayakan keterampilan digital peserta didik. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 31-43.
Himah, F., Sudarti, S., & Subiki, S. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Computer Based Test-higherorder Thinking (Cbt-hot) Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 89-95.
OECD. (2018). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. https://rb.gy/c745eu
SEKRETARIAT GTK. (2018, December 3). 40 persen guru yang siap dengan teknologi. Retrieved November 14, 2023, from https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/40-persen-guru-yang-siap-dengan-teknologi
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA GURU SDN 2 PANCOR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898-905.
Shafa, S. I., Wibowo, T., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(1), 434-440.
Sriyanto, B. (2021). Meningkatkan keterampilan 4c dengan literasi digital di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 125-142.
Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E. N. (2022). Literasi Digital sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3).
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.13474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.