PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA BANGUN DATAR KELAS III
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 1 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 5 Singkawang, dan pengambilan dengan teknik purposive sample. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas III B sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Discovery Learning, dan III C sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan : (1) data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dua sampel diperoleh t_hitung= 8,133, sedangkan t_tabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 48 adalah 2,306 sehingga t_hitung> t_tabel. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas yang diberikan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibanding kelas yang diberikan pembelajaran konvensional; (2) Dengan menggunakan uji effect size diperoleh nilai ES= 0,9 > 0,8 dengan kategori tinggi, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar kelas III SD Negeri 5 Singkawang; (3) hasil perhitungan aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 94% dengan kategori sangat tinggi; (4) motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning pada materi bangun datar sebesar 75% maka dapat dikategorikan baik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Full Text:
PDFReferences
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Arinawati, E. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Artikel Penelitian. Surakarta: PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Hamalik, O. (2011). Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hutagalung, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 1Tukka. PYTHAGORAS. Journal of the Mathematics Education Study Program, 6(1), 2.
Jayadiningrat, M. G., Putra, K. A. A., & Putra, P. S. E. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83–89.
Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Safitri, A. O., Handayani, P. A., Yunianti, V. D., & Prihantini, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9106–9114.
Sardiman A.M. (2014). Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.12856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.