PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK LCD TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V

Abustan Abustan, Nawir Nawir

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh media elektronik LCD terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuannya untuk mengungkapkan pengaruh media elektronik LCD terhadap prestasi penggunaan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experiment yaitu rancangan penelitian eksperimen yang hanya mempergunakan kelompok eksperimen saja, tanpa kelompok komtrol (pembanding) sampel subyek dipilih seadanya tanpa mempergunakan randomisasi. Rancangan yang digunakan adalah “One Group Design Pretest-Postest”. Pembelajaran diukur sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Jumlah populasi hanya 25 siswa. Maka dalam penentuan sampel hanya menggunakan kelompok eksperimen saja tanpa kelompok kontrol (perbandingan), subyek  dipilih tanpa mempergunakan randomosasi. Pengumpulan data dilakukan  dengan mengunakan instrumen-instrumen yang sudah disebutkan diatas yaitu hasil ulangan harian siswa dan respon siswa/ pengisian angket siswa. Data yang dikumpulkan akan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar sebelum penggunaan media elektronik LCD (Pretest) Sekolah Dasar adalah bervariasi dengan hasil belajar rata-rata 71,4% dengan standar deviasi 7,788. Sedangkan Skor rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diajar setelah (Posttest) penggunaan media elektronik LCD Sekolah Dasar adalah bervariasi juga dengan hasil belajar rata-rata 78,84% dengan standar deviasi 7,949. Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS meningkat setelah diterapkan penggunaan media elektronik LCD pada proses belajar mengajar.

 

This research was conducted to find out the influence of LCD electronic media to the learning achievement of Social Science of Grade V Elementary School Students.  The objective is to reveal the influence of LCD electronic media on the achievement of learning Social Sciences of Grade V Elementary School students.  The type of research used is pre-experiment or pre-experiment research that is experimental research design which only use experiment group only, without group of controller (comparison) sample of selected subjects pickup without using randomization.  The design used is "One Group Design Pretest-Posttest". Learning is measured before and after treatment. The population is only 25 students. So in the sample determination using only the experimental group alone without the control group (comparison), the subjects were selected without using randomosatio . Data collection is done by using the instruments mentioned above that are result of student's daily test and student's response / student questionnaire filling. The data collected will be analyzed qualitatively and quantitatively. The average score of students' IPS learning outcomes taught prior to the use of electronic LCD media (Pretest) Primary Schools was varied with an average learning outcome of 71.4% with a standard deviation of 7.788. While the mean score of IPS learning outcomes of students who were taught after (Posttest) use of electronic media LCD Primary School is varied also with the average learning outcome 78.84% with standard deviation of 7.949. Based on the discussion that has been described, it can be concluded that the results of IPS learning increased after applied the use of LCD electronic media on the learning process.


Keywords


Penggunaan Media elektronik LCD, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A dan Widodo S. 2003.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Akbar, R, Hawadi, R.S.D.W, dan Mardi W. 2001. Kreativitas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Kunandar. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kasihani. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Hadari Nawawi (1998). Administrasi sekolah. Jakarta : Galio Indonesia

Hamalik, Oemar. 2003. Motivasi dan Kreativitas dalam Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Nasution, Teknologi Pendidikan, Bandung: CV Jemars, 1982

Tiro. 1992. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Syah.2007. Efektivitas Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susilowati.2007. Hubungan Antara Kreativitas Belajar dengan Prestasi Belajar.Skripsi. Padang: Universitas Sumatera Utara.

Suryabrata, Sumardi. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sardiman.(1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grafindo.

Sadiman, Arif dkk, Media Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1986.

Sudjana, Nana, Media Pengajaran, Bandung: CV Sinar Baru, 1991.

Tohirin (2005).Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Jakarta : PT. Raja Grafindo

Suharti, 2012.Implementasi Model Pembelajaran ARIAS dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII.A SMPN 6 SINJAI.Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.