PENINGKATAN HASILBELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER

Hasnah K, Bahrun Amin, Abdan Syakur, Suardi Suardi

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah mengindikasikan bahwa pembelajaran tersebut bersifat konvensional dan membuat fasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran numbered heads together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di IV SD Inpres Barang Kecamatan Pujananting  Kabupaten Barru. Menggunakan penelitian tindakan kelas (class room action research), dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Indikator kinerja  KKM 70 dengan syarat ketuntasan belajar adalah 80 % .Hasil perhitunganrata ketuntasan individual pada siklus I rata-rata 65,93 dan siklus II sebesar 82,53. Hasil ini menunjukkan kenaikan skor 16,6.  Berdasarkan perhitungan ketuntasan klasikal, siswa yang lulus pada siklus I sebesar 53,33% dan siklus II 93,33%, yang menunjukkan kenaikan secara signifikan sebesar 40%. Kegiatan belajar berkelompok bagi siswa merupakan upaya guru dalam mengembangkan potensi kerjasama siswa, hal tersebut sejalan dengan konsep pembelajaran student centered learning.

Indonesian language learning in schools indicates that the learning is conventional and makes it fasif. This study aims to analyze the application of numbered heads together learning (NHT) in improving student learning outcomes and activities in IV Primary Inpres of Pujananting Sub-district of Barru District. Using classroom action research, two cycles are carried out, each cycle is held for 4 meetings. Indicator of KKM 70 performance with learning completeness requirement is 80%. The result of the average calculation of individual endurance in the first cycle average 65.93 and the second cycle of 82.53. These results indicate a 16.6 increase in scores. Based on the calculation of classical completeness, students who graduated in the first cycle of 53.33% and cycle II 93.33%, which showed a significant increase of 40%. Group learning activities for students is an effort of teachers in developing the potential of student cooperation, it is in line with the concept of learning student centered learning


Keywords


Numbered Heads Together, Bahasa Indonesia, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Akarmedia, T. (2003). KamusLengkapPraktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Akar Media

Alma, B. (2009). Guru Profesional. bandung: Alfabeta.

Arikonto, S., & Suhardjono, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: BumiAksara.

Djamarah, B.S., & Zain A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta :RinekaCipta.

Hambali. (2007). Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Makassar : Universitas Muhammdaiyah Makassar.

Haryono, R., & Mahyong, M. (2007). Kamus Pintar Internasional. Jakarta: cipta media.

Ismail, L. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X Muallimin Muhammadiyah Makassar pada Pokok Bahasan Interaksi Sosial melalui Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTife Think-Pair-Share. Makassar: UniversitasMuhammadiyah Makassar.

Jihat, A., & HarisAdul. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Multi Pressindo.

Kunna. (2009). PemanfaatanMetode Number Heads Together (NHT) dalam Meminimalkan Kesalahan Penggunaan Kata-Kata Baku pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo. Makassar : Universitas Muhammdaiyah Makassar.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT RemajaRosdakarya.

Suryosubroto. (2002). Proses BelajarMengajar Di Sekolah. Jakarta :RinekaCipta.

Subana, dkk.(2005). Statiktik Pendidikan. Bandung :PustakaSetia.

Sumarni. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Siswa Kelas V SD No. 44 Bantaulu Kabupaen Jeneponto. Makassar : Universitas Muhammdaiyah Makassar.

Sulfasyah. (2005). The Role of instruction method on children’s early writing development and knowledge of genre. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 12(3), 258-270.

Sulfasyah, Haig, Y., & Barratt-Pugh, C. (2015). Indonesian teachers’ implementation of new curriculum initiatives in relation to teaching writing in lower primary school. International Journal of Education, 7(4), 53–72.

Sulfasyah, Bahri, A., & Saleh, S.T. (2018). Writing lessons in grade 1 Indonesian thematic textbooks: A content analysis. Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 7 No. 3, January 2018, pp. 495-503.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berriontasi Konstruktivistik. Jakarta: prestasi pustaka.

Trianto. (2009). Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif. Komsep, Landasan, danImplementasinyaPadaKurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP)Jakarta :KencanaPrenada Media Group.

Uno B. Hamzah. (2011). Model PembelajaranMenciptakan Proses BelajarMengajar yang KreatifdanEfektif. Jakarta :BumiAksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.