PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFFESIONAL PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

Rosdiana Rosdiana, Muhammad Mirza Fatahullah, Dian Andikayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1).Untuk mengetahui pengembangan E-Modul berbasis Flip Pdf Professional
pada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia. 2). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran
terhadap E-Modul berbasis Flip Pdf Professional pada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ini adalah Research and Development model Plomp yaitu
model pengembangan yang lebih berfokus kepada subjek penelitian yang tahapannya dimulai dengan
memahami objek penelitian sampai pada tahapan mengetahui keterandalan produk penelitian yang
sangat bergantung pada subjek penelitian. Adapun hasil Penilaian e-modul menggunakan flip pdf
professional pada materi organ gerak hewan dan manusia secara keseluruhan menurut validator materi,
modul, dan kepraktisan modul sangat baik dengan persentase penilaian masing-masing setelah revisi
adalah 4,26 menurut ahli materi, 4,09 menurut ahli modul dan 4,27 menurut kepraktisan modul. Hasil
persentase peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan di sekolah tersebut adalah 51,93% Sangat
baik dan 11,97% baik. Hasil ini mengidentifikasi bahwa e-modul menggunakan flip pdf proffesional pada
materi organ gerak hewan dan manusia baik digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


E-modul, Berbasis Flip Pdf, Profesional, Organ Gerak Hewan dan Manusia

Full Text:

PDF

References


Aprilia, T., Sunardi, & Djono, (2017).

Penggunaan Media Sains Flipbook dalam

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15

(2), 74–82.

http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika.

Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Cet. XV; Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmi, R. A., Surbakti, D. N. A., & Hudaidah,

(2018). Pengembangan E-Modul Berbasis

Flip Book Maker Materi Pendidikan

Karakter untuk Pembelajaran Mata

Kuliah Pancasila MPK Universitas

Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,

(1), 1–10.

http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.

Asyhar, R., (2013). Kreatif Mengembangkan

Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung

Persada.

Ghaliyah, dkk, (2015). Pengembangan Modul

Elektronik Berbasis Model Learning

Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida

Dinamik Untuk Siswa SMA Kelas XI.

Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 49-

Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M.

A. (2020). Elementary School Teachers’

Perceptions of Digital Technology Based

Learning in the 21st Century: Promoting

Digital Technology as the Proponent

Learning Tools. Jurnal Pendidikan Guru

Mi, 7(1), 1 – 18.

https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7

i1.6088

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.

Bandung: Pustaka Setia.

Kementerian Agama RI, al-Qur’an dan

Terjemahannya, Surabaya:Halim, 2013

Setyosari & Punaji, (2013). Metode Penelitian

Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Suarsana, I. M., & G.A. Mahayukti, (2013)

Pengembangan E-Modul Berorientasi

Pemecahan Masalah Untuk

Meningkatkan Keterampilan Berpikir

Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 2, 264–75.

Sugianto. (2013). Modul Virtual: Multimedia

Flipbook Dasar Teknik Digital.

INVOTEC, IX, 101–16.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Administrasi

Dilengkapi dengan Metode R & D.Cet. XIX;

Bandung: Alfabeta.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar

E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi

Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam

Negeri (UIN).

Musafanah, (2017). Pengembangan Bahan

Ajar E-Modul Dengan Menggunakan

Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker.

Universitas Islam Negeri (UIN).

Rahmadani, dkk, (2018). Elementary School

Teachers’ Perceptions of Digital

Technology Based Learning in the 21st

Century: Promoting Digital Technology

as the Proponent Learning Tools. Jurnal

Pendidikan Guru Mi, 7(1), 1 – 18.

https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7

i1.6088

Komesari, dkk, (2020). Pengembangan EModul

Menggunakan Flip Pdf

Professional Pada Materi Temperatur

dan Kalori. Universitas Lampung.

Seruni, dkk, (2019). Pengembangan E-Modul

Menggunakan Flip Pdf Professional

Pada Materi Temperatur dan Kalori.

Universitas Lampung.

Nisa. (2020). Efektifitas E-Modul Dengan

Flip Pdf Professional Berbasis

Gamifikasi Terhadap Siswa SMP.

Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.

Rindayati, (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip

Pdf Pada Mata Pelajara Penerapan

Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah

Pendidikan dan Pembelajara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.