PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFFESIONAL PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1).Untuk mengetahui pengembangan E-Modul berbasis Flip Pdf Professional
pada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia. 2). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran
terhadap E-Modul berbasis Flip Pdf Professional pada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ini adalah Research and Development model Plomp yaitu
model pengembangan yang lebih berfokus kepada subjek penelitian yang tahapannya dimulai dengan
memahami objek penelitian sampai pada tahapan mengetahui keterandalan produk penelitian yang
sangat bergantung pada subjek penelitian. Adapun hasil Penilaian e-modul menggunakan flip pdf
professional pada materi organ gerak hewan dan manusia secara keseluruhan menurut validator materi,
modul, dan kepraktisan modul sangat baik dengan persentase penilaian masing-masing setelah revisi
adalah 4,26 menurut ahli materi, 4,09 menurut ahli modul dan 4,27 menurut kepraktisan modul. Hasil
persentase peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan di sekolah tersebut adalah 51,93% Sangat
baik dan 11,97% baik. Hasil ini mengidentifikasi bahwa e-modul menggunakan flip pdf proffesional pada
materi organ gerak hewan dan manusia baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, T., Sunardi, & Djono, (2017).
Penggunaan Media Sains Flipbook dalam
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 15
(2), 74–82.
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/teknodika.
Arikunto, S., (2013). Prosedur Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik. Cet. XV; Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asmi, R. A., Surbakti, D. N. A., & Hudaidah,
(2018). Pengembangan E-Modul Berbasis
Flip Book Maker Materi Pendidikan
Karakter untuk Pembelajaran Mata
Kuliah Pancasila MPK Universitas
Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial,
(1), 1–10.
http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis.
Asyhar, R., (2013). Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung
Persada.
Ghaliyah, dkk, (2015). Pengembangan Modul
Elektronik Berbasis Model Learning
Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida
Dinamik Untuk Siswa SMA Kelas XI.
Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 49-
Jannah, M., Prasojo, L. D., & Jerusalem, M.
A. (2020). Elementary School Teachers’
Perceptions of Digital Technology Based
Learning in the 21st Century: Promoting
Digital Technology as the Proponent
Learning Tools. Jurnal Pendidikan Guru
Mi, 7(1), 1 – 18.
https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7
i1.6088
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Kementerian Agama RI, al-Qur’an dan
Terjemahannya, Surabaya:Halim, 2013
Setyosari & Punaji, (2013). Metode Penelitian
Pendidikan & Pengembangan. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Suarsana, I. M., & G.A. Mahayukti, (2013)
Pengembangan E-Modul Berorientasi
Pemecahan Masalah Untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir
Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan
Indonesia, 2, 264–75.
Sugianto. (2013). Modul Virtual: Multimedia
Flipbook Dasar Teknik Digital.
INVOTEC, IX, 101–16.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Administrasi
Dilengkapi dengan Metode R & D.Cet. XIX;
Bandung: Alfabeta.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar
E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi
Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam
Negeri (UIN).
Musafanah, (2017). Pengembangan Bahan
Ajar E-Modul Dengan Menggunakan
Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker.
Universitas Islam Negeri (UIN).
Rahmadani, dkk, (2018). Elementary School
Teachers’ Perceptions of Digital
Technology Based Learning in the 21st
Century: Promoting Digital Technology
as the Proponent Learning Tools. Jurnal
Pendidikan Guru Mi, 7(1), 1 – 18.
https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7
i1.6088
Komesari, dkk, (2020). Pengembangan EModul
Menggunakan Flip Pdf
Professional Pada Materi Temperatur
dan Kalori. Universitas Lampung.
Seruni, dkk, (2019). Pengembangan E-Modul
Menggunakan Flip Pdf Professional
Pada Materi Temperatur dan Kalori.
Universitas Lampung.
Nisa. (2020). Efektifitas E-Modul Dengan
Flip Pdf Professional Berbasis
Gamifikasi Terhadap Siswa SMP.
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia.
Rindayati, (2021). E-Modul Counter Berbasis Flip
Pdf Pada Mata Pelajara Penerapan
Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah
Pendidikan dan Pembelajara.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10617
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.