PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN JUMAT IBADAH TERHADAP MORAL RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS V DAN VI DI MI AL-ABRAR MAKASSAR

Nurul Amalia, Usman Usman, Suarga Suarga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan Jumat ibadah (2) Gambaran moral religius peserta didik (3) Pengaruh Penanaman nilaipendidikan islam melalui kegiatan jumat ibadah Terhadap moral religius peserta didik kelas V dan IV diMI Al-Abrar Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah kesuluruhan sampel yang digunakan adalah 40 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil uji variabel berdasarkan hasil uji variabel penanaman
nilai pendidikan islam memiliki nilai koefisien yang bernilai positif sebesar 0,270, memiliki nilai t-hitung sebesar 2,058 > t-tabel 2,028, serta nilai signifikan sebesar 0,054 < 0,05. Hal ini mengartikan bahwavariabel penanaman nilai-nilai pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap moral religius peserta didik, serta membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Konstribusi pengaruhpenanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui kegiatan Jumat ibadah terhadap moral religius pesertadidik kelas V MI Al-Abrar Makassar yakni sebesar 90,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain.


Keywords


Nilai Pendidikan Islam, Jumat Ibadah, Moral Religius.

Full Text:

PDF

References


Anata I. (2015) “Jurnal Pendidikan Pancasil

Dan Kewarganegaraan: Tahapan

Perkembangan Moral Santri Mahasiswa

Menurut Lawrence Kohlberg.

Ade Imelda Frimayanti (2015) “ jurnal

Pendidikan islam :Implementasi

Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan

Agama Islam.

Ayesi N.L (2021) “Peningkatan Nilai-Nilai

Agama Dan Moral Melalui Metode

Demonstrasi Di Raudatul Athfal Al-

Ulya Bandar Lampung.

Bekti T.A & Mustaidah. (2017) “Jurnal

Penelitian: Identifikasi Nilai-Nilai

Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan

Masyarakat Pada Pnpm Mandiri.

Hadi M (2014). Jurnal Al-Ta’dib:Urgensi

Pendidikan Moral Dalam Membentuk

Kepribadian Anak.

Ilham H. (2017) “Jurnal Moral

Kemasyarakatan: Pengaruh

Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku

Moral Pada Siswa SMPN Kota

Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan

Orang Tua

Nurhabibah, (2018) ”Penanaman Nilai-Nilai

Keislaman Dalam Keluarga di

Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang

Yogyakarta”, Tadris.

Parnono. (1995) Jurnal Filsafat: Nilai Dan

Norma Masyarakat.

Rubini. (2019) “Jurnal Komunikasi Dan

Pendidikan Islam: Pendidikan Moral

Dalam Perspektif Islam.

Sahmiar P. (2011) “Jurnal Al-Hikmah:

Membangun Moralitas Melalui

Pendidikan Agama.

Sudirman N. dkk. (1989) Ilmu Pendidikan,

(Cet. III; Bandung: Remadja Karya)

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi.

Bandung: Alfabeta. 2008

Supangat (2017), Thesis:Penanaman Nilai

Moral Melalui Pendidikan Agama Pada

Anak Di Madrasah Diniyah Babussalam

Mojopahit Punggur Lampung Tengah”

Tri S. (2016) “Jurnal Pendidikan Sekolah

Dasar: Internalisasi Pendidikan Nilai

Dalam Pembelajaran (Upaya

Menciptakan Sumber Daya Manusia

Yang Berkarkter).

Vidya T.N & Iwan W.W (2014) “ Jurnal

Psikologi Kepribadian Dan Social:

Hubungan Antara Sikap Terhadap

Religiusitas Dengan Sikap Terhadap

Kecenderungan Perilaku Seks Pranikah

Pada Remaja Akhir Akhir Yang Sedang

Berpacaran Di Universitas Airlangga

Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.