PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP MINAT MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) MENGGUNAKAN SHOPEEPAY
Abstract
This study aims to examine the effect of perceived usefulness, perceived convenience and user satisfaction on interest in paying PBB using shopeepay. This research method uses quantitative description methods and primary data using questionnaires. The population in this study are Shopeepay users and are Land and Building Taxpayers of Sleman Regency with a sample of 100. and analyzed using smartPLS. The sampling technique used was convenience sampling technique. Data retrieval is done by distributing questionnaires in the form of a google form. The results of this smartPLS test result that perceived usefulness has a positive effect on interest in paying PBB using shopeepay. Easy perception also has a positive effect on interest in paying PBB using shopeepay. And user satisfaction has a positive effect on interest in paying PBB using shopeepay.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, E. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Pengguna Internet Banking. 1–13.
Andika Bayu Pratam, I. dewa G. D. S. (2019). 1 2 1,2. 27, 927–953.
Anis Fakhrunnisa dan Endang Siti Astuti, H. S. (2017). PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN SIKAP PENGGUNATERHADAP MINAT MENGGUNAKAN INTERNET.
Astuti, G. B. L. E. S., & Dewantara, R. Y. (2015). TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING. 26(2), 1–8.
Dwihandoko, T. H. (2020). EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LAMONGAN. 53(9), 1689–1699.
Indrawati, A. D. (2013). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Swasta Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK
Mulyani, S. S. (2018). Pengaruh Pengetahuan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (Pbb). Inventory: Jurnal Akuntansi, 1(2), 151–187. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/inventory/article/view/2443
Nina Monica, A. I. T. (2017). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KENYAMANAN, NORMA SUBJEKTIF DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN ELECTRONIC COMMERCE. 8(1), 1–14.
Sukendri, E. (2011). J Urnal a Kuntansi Dan K Euangan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan (JAK), 12(1).
Supriyatna, A. (2015). ANALISIS DAN EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN PIECES FRAMEWORK. Pilar Nusa Mandiri, XI(1), 43–52.
Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L., & Wijaya, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. I(2).
Widarto, & Tedjasuksmana, S. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI SURABAYA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN UNTUK MEMBAYAR PAJAK PA- Edwin Widarto Shanti * Budianto Tedjasuksmana. 238–254.
Wijayanti, D. W., & Sasongko, N. (2017). Pengaruh Pemahaman, Sanksi Perpajakan, Tingkat Kepercayaan pada Pemerintah dan Hukum Terhadap Kepatuhan Dalam Membayar Wajib Pajak ( Studi Wajib Pajak pada Masyarakat di Kalurahan Pajang Kecamatan Laweyan Surakarta). Peran Profesi Akuntansi Dalam Penanggulangan Korupsi, 4, 308–326.
Yadnyana, I. G. N. M. P. I. K. (2016). MINAT PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Pada masa kini , sebagian masyarakat semakin merasakan informasi sebagai salah satu ke. 10, 3359–3390.
Yosua, Arent. L. A, D. (n.d.). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY. 2017, x, 1–17.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrp.v4i1.6317
DOI (PDF): https://doi.org/10.26618/jrp.v4i1.6317.g4065
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
View My Stats