Implementasi Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 4 Sungguminasa

Herly herly, Muhlis Madani, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 4 Sungguminasa dengan beberapa variabel yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan perilaku hubungan antar organisasi, perilaku pelaksana tingkat bawah dan perilaku kelompok sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya komitmen dan koordinasi yang baik antara Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dengan SMP Negeri 4 Sungguminasa. Komitmen Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa ditunjukkan pada kegiatan supervisi dan pembimbingan yang dilakukan oleh Pengawas Bina pada kepala sekolah dan guru SMP Negeri 4 Sungguminasa. DPRD Kabupaten Gowa sebagai lembaga legislatif berfungsi sebagai lembaga yang mengawasi jalannya kebijakan SKTB di Kabupaten Gowa mengawal kebijakan SKTB dengan melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa.  (2)  Fungsi kontrol yang dilakukan dalam administrasi maupun dalam proses pembelajaran dengan melakukan supervisi dan evaluasi secara berkala kepada guru.(3) Adanya dukungan positif dari guru dan siswa terhadap pelaksanaan kebijakan SKTB dengan adanya kesediaan guru melaksanakan administrasi pembelajaran dan penilaian pembelajaran serta evaluasi penilaian melalui program remisi dan pengayaan

Keywords


Implementasi, Kebijakan, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Pulblik Edisi Kedua (2003rd ed.). UGM Press.

Hill and Hupe, M. and P. (2002). Implementing Public Policy. SAGE Publications Ltd.

Ismaya, B., & Supriyadi, D. (2020). Manajemen Kebijakan Pendidikan. Refika Aditama.

Nugroho, R. (2009). Public Policy (Edisi Revisi). Elex Media Komputindo.

SKTB, T. (2013). Naskah Akademik Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (Automatic Promotion) (2013th ed.). Dinas Pendidikan Olah Raga dan Pemuda.

Solichin, A. W. (1997). Evaluasi Kebijakan Publik. PT. Bumi Aksara.

Subarsono, A. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.

Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung.

Dokumen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dokumen Negara RI.




DOI: https://doi.org/10.26618/jppm.v3i2.6577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter