Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat

Mustapa Tutu

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan jumlah Siswa 23 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian yang dilaksanakan pada setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 39,1 % yang masuk kategori tuntas dan 60,9 % yang masuk kategori tidak tuntas, pada siklus II sebesar 86,9 % yang masuk kategori tuntas dan 13,0 % yang masuk kategori tidak tuntas. Adapun skor rata-rata hasil tes dari setiap siklus dapat dilihat pada siklus I dengan skor rata-rata 56,3 berada dalam kategori sedang. Dan pada siklus II dengan skor rata-rata 73,0 berada dalam kategori tinggi. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada Siswa Kelas X  SMA Negeri 4 Polewali Mandar.

Kata kunci: Hasil Belajar, Siswa, Think Pair Share


References


Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Fathurrahman dan Wuri. (2011). Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Nuha Litera.

Gustaf. (2010). Langkah Cerdas Menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta : Bahtera Buku.

Hamzah B.Uno. (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasmat. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Siswa Kelas IV SD Negeri Bontorikong Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa (Proposal). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kamaruddin. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Makassar: FKIP Unismuh.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Mahmudah dan Ridwan. (2010). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis KTSP. Diktat. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Majid. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rodaskarya.

Muslikah. (2010). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Interprebook.

Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Peraturan Bupati Gowa Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pelasanaan Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pendidikan Gratis.

Samrawati. (2011). Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas V SD Inpres Uring Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru (Skripsi).Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudarmin. (2011). PeningkatanHasil Belajar IPA Konsep Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Pada SiswaKelas V Sd Inpres Rumpia’e Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sudjono, A. (1987). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawati.

Tutu, Mustapa. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik).Malang.Wineka Media

Tim Penyusun. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Diktat. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Tukiran, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Alfabeta.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JED (Jurnal Etika Demokrasi)