PENGARUH KEECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

Arman Arman

Abstract


ANDI ZULFIKAR. Pengaruh Keecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pegawai Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Samarinda Kalimantan timur  Dibimbing oleh Moh. Aris Pasigai, SE, MM, dan Samsul Rizal, SE.,MM  Pentingnya Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan merupakan fenomena hal yang kerap mewarnai kinerja pegawai , dalam hal tersebut peneliti terdorong untuk melakukan penelitian  dan mencoba menggambarkan/menjelaskan mengenai Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Samarinda . Kecerdasan Emosional adalah emosi yang merujuk pada kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi secara baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Sedangkan Komitmen Organisasi adalah pendekatan sikap terhadap organisasi. Komitmen organisasi sebagai suatu sikap yang didefinisikan sebagai kekuatan relatif suatu identifikasi dan keterlibatan individu terhadap organisasi tertentu.


Keywords


Kecerdasan Emosional, Komitmen Organisasi dan Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Elfina P. Debora. 2006. Pengaruh Kepribadian dan Komitmen Organisasi Terhadap Perilaku Citizenship Karyawan. Diakses tanggal 24 Januari 2015. htpp://eqi.org/mgtpaper.

Golemen, Daniel. 2008. Working With Emotional Intellegent. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hair. 2006. Multivariate Data Analysis, Fifth Edition. New Jersey. Prentice Hall.

Hakim, Abdul. 2006. Analisis Pengaruh Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Dan Telekomunikasi Provinsi Jawa Tengah. Diakses tanggal 1 Februari 2015. http://jurnal.ui.ac.id

Harmoko, Agung. 2005. Kecerdasan Emosional. Diakses tanggal 1 Februari 2015. www.binuscareer.com.

Istijanto. 2010. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama..

Kambu, Arius, dkk,. 2012. Pengaruh Leader Member Exchange, Persepsi Dukungan Organisasional, Budaya Etnis Papua dan Organizational Citizenship Behavior terhadap Kinerja Pegawai pada Sekda Provinsi Papua. Di akses tanggal 2 Februari 2015. http://jurnaljam.ub.ac.id.

Kuntjoro, Zainuddin Sri. 2009. Komitmen Organisasi . Diakses tanggal 3 Februari 2015. www.e-psikologi.com

Mahennoko, Anandika Angga. 2011. Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Bidang Keuangan Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Diakses tanggal 4 Februari 2015. http://eprints.undip.ac.id.

Mangkuprawira, S & Hubeis, V Aida. 2007. Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mathis, R,L, dan Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v11i1.1821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter