PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DI KECAMATAN MANGKUTANA KABUPATEN LUWU TIMUR

Moh. Aris Pasigai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi, Kemampuan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada  Koperasi Simpan Pinjam di Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey melalui penyebaran kuesioner yang terdiri dari 12 item pertanyaan.

Hasil pembahasan dan analisis yang dilakukan terhadap penelitian ini diketahui bahwa motivasi (X1) berpengaruh sebesar 0,127, kemampuan (X2) sebesar 0,187, dan lingkungan kerja (X3) sebesar 0,760 terhadap kinerja karyawan di tujuh Koperasi Simpan Pinjam yang di Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur.

 Hasil pengujian terhadap terhadap variabel-variabel penyebab diketahui bahwa variabel motivasi (X1), kemampuan, dan lingkungan kerja berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun simultan. Ketiga variabel ini menjadi faktor penentu (sebesar 39%) terhadap kinerja karyawan di tujuh Koperasi Simpan Pinjam yang ada di Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. Dan sisanya sebesar 61% merupakan faktor lain yang tidak dimasukkan dalam analisis dan model ini.

Keywords


motivasi, kemampuan, lingkungan kerja, kinerja

Full Text:

PDF

References


Davis, Keith dan Newstroem, Jhon W. 2002. Perilaku dalam Organisasi. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Indeks.

Dessler, Garry, 1997, Human Resource Management, International Edition, 8th Ed, Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall, Inc

Gery Dessler (2004). Management Sumber Manusia, Edisi Bahan Indonesia Jilid 2. PT. Dadi Kayana Abadi.

Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.

Mohammad As’ad, 2001. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.

Nawawi, Hadari, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Gajah Mada University Press, cetakan Kedua, Yogyakarta

Rasulong, I. (2011). Faktor Penentu Motivasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Di Universitas Muhammadiyah Makassar. B alance, 7(2), 51.

Stephen P. Robin (2001). Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi dan Aplikasi, Edisi Indonesia, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Soeprihanto (2000). Menimbulkan Semangat dan kegairahan Kerja Karyawan, Seri Perusahaan Praktis.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian.Cetakan ke-18. Bandung: Alfabeta.

Thoha, (1997). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

T. Hani Handoko, 1992, Manajemen Personalia dan SDM, edisi kedua, Yogyakarta, BPFE.




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v8i1.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BALANCE : JURNAL ILMU EKONOMI



View My Stats

Flag Counter