Manajemen Strategi Sop (Standar Operational Prosedur) Dalam Menghadapi Persaingan Kompetetif Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern

Wahyuningsi Oron, A. Mardatilah M, Syamsul Syamsul, Sumiati Sumiati

Abstract


Abstract: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis  Manajemen Strategi Sop (Standar Operational Prosedur) Dalam Menghadapi Persaingan Kompetetif Pendidikan Islam Di Era Modern. Penelitian ini merujuk pada pendekatan kualitatif dimana penelitian mengacu pada metode diskriptif lebih menekankan pada studi kepustakaan. Sumber data penelitian terdiri atas peristiwa, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan Fokus Group Discussion. Validitas data menggunakan triangulasi, mencocokan pada teori serta sumber, teknik, dan peneliti. Tulisan ini bertujuan untuk menggali informasi tentang Manajemen Strategi Sop (Standar Operational Prosedur) Dalam Menghadapi Persaingan Kompetetif Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern. Karena di era modern ini apapun persoalan yang dihadapi umat manusia dengan menjadikan pendidikan dan Islam sebagai jalan (alternatif) memanusiakan manusia.

Keywords


Manajemen Strategi, SOP, LPI, Era Modern

Full Text:

PDF

References


Arnina et al. 2016. Langkah-langkah Efektif Menyusun SOP, (Yogyakarta: Huta Publisher)

Dirgantoro, Crown. 2001. Keunggulan Bersaing Melalui Proses Bisnis, (Jakarta: PT Grasindo)

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris- Indonesia, 1995

Heena, Amie, Dkk. 2015. Manajemen strategic keorganisasian public, (Bandung: Refika Aditama)

Kementrian Agama RI. 2019. Al-qur’an dan Terjemahan Surah Az-zalzalah Ayat 7-8, (Bandung, Quran Kemenag,).

Maisah dan Akdon. 2020. Manajemen Stratgik Dalam Prespektif Pendidikan Islam. (Jambi, Cet. III Salim Media Indonesia, Maret).

Nawawi, Hadari.1997. Administrasi Pendidikan, (CV. Haji Mas Agung, Surabaya)

RN ,Rafika. 2017. Step by Step Lancar Membuat SOP, (Yogyakarta: Huta Publisher)

Safitri,Eka Nur.2017. Anajemen Strategi Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif Pada Produk Unit-Link (Studi Kasus Pt Asuransi Takaful Keluarga), Jakarta: 1438 H.

Tambunan. 2013. Pedoman Penyusun Standard operating Procedures (SOP). Maintans Publishing: Jakarta.

Umar, Husein. 2013. Desain Penelitian Manajemen strategic cara Mudah Meneliti Masalah Manajemen Strategik untuk Skripsi, Tesis, dan Praktik Bisnis, (Jakarta: Rajawali Pers)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.