PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI KARIR MELALUI WEBSITE JURUSANNET UNTUK MEMBANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT PADA SISWA SMA

Munirah Munirah, Zulfah Zulfah, Mardiana Haris

Abstract


Layanan informasi karir dalam bimbingan konseling membutuhkan media yang praktis, menarik, dan dapat diakses oleh semua siswa tanpa mengurangi isi dari materi bimbingan guna mengefisienkan waktu dan tenaga guru bmbingan konseling untuk memenuhi tugas perkembangan siswa. Salah satu media yang dianggap sesuai dengan karakteristik siswa yang kesehariannya tidak lepas dari teknologi yaitu website. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kebutuhan media layanan informasi karir melalui website jurusannet untuk pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA; (2) mengetahui prototype media layanan informasi karir melalui website jurusannet untuk pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA; dan (3) mengetahui validasi dan kepraktisan media layanan informasi karir melalui website jurusannet untuk pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development yang diadaptasi dari tahapan-tahapan penelitian Borg and Gall. Analisis data menggunakan analisis isi dan analisis deskripif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran kebutuhan media layanan informasi karir melalui website jurusannet sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA; (2) prototipe media layanan informasi karir dibuat dengan melalui tahap perencanaan dan pengembangan produk awal kemudian lahirlah sebuah produk yang diberi nama website jurusannet yang ditujukan agar dapat membantu siswa SMA dalam menentukan studi lanjutnya; dan (3) Hasil uji coba ahli dan uji coba kelompok terbatas ditemukan bahwa website jurusannet telah valid dan praktis seuai dengan tujuan dikembangkannya produk ini sehingga website jurusannet sudah bisa digunakan di lapangan.

Keywords


Website, Studi Lanjut, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Ali, L., & Graham, B. (1996). The Counselling Approach to Careers Guidance.

Routledge.

Ardhana, W. (2002). Konsep penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Aryani, F., & Rais, M. (2017). Model e-Peminatan: Solusi Praktis Merencanakan

Karier Masa Depan. Badan Penerbit UNM.

Aryani, F., & Rais, M. (2018). Bimbingan Karir Masa Depan Untuk Meraih Sukses ke Perguruan Tinggi. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Aryani, F., Sinring, A., & Rais, M. (2016). Application of Career Assessment Model to Assist Students in Choosing Department in Senior High School.

International Journal of Sciences, 30(5), 13.

Djunaedi, D., & Permatasari, R. A. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Kelompok Tenaga Kerja Hukum dalam Layanan Bimbingan Klasikal di SMA Negeri 5 Bogor. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 175–184. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.07

Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan Model E-Career untuk

Meningkatkan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal

Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 170–179.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik dalam

Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.258

ILO-EAST. (2011, Juli 31). Panduan pelayanan bimbingan karir bagi guru

bimbingan konseling/konselor pada satuan pendidikan dasar dan menengah –Mendukung peningkatan ketersediaan antara pilihan pendidikan pemuda Indonesia dan pekerjaan yang tersedia di pasar.

http://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_165903/lang--

en/index.htm

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. deePublish.

Nurhayana, N. (2015). Indikator Pemilihan Studi Lanjut ke SMA [Blogspot].

Ana Nurhayana http://budiana2014.blogspot.co.id/2015/10/indikator-pemilihan-studi-lanjutke-sma.html

Perry, N., & VanZandt, Z. (2006). Focus on the Future: A Career Development

Curriculum for Secondary School Students. IDEA.

Purwandi, H. A. & L. (2017). Milenial Nusantara. Gramedia Pustaka Utama.

Rahma, S. Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam di SMAI Surabaya pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 2(1).

Roderick, M., Coca, V., & Nagaoka, J. (2015). Potholes on the road to college: High school effects in shaping urban students‟ participation in college application, four-year college enrollment, and college match. Sociology of Education, 84(3), 178–211. https://doi.org/10.1177/0038040711411280

Santoso, E. (2017). Millenial Finance. Grasindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode penelitian. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Media Sosialisasi Konsumsi Cairan pada Remaja di SMPN 220 Jakarta Barat.

Syafaruddin, M., Saam, Z., & Asyari, A. (2018). Pengaruh Layanan Informasi

Tentang Wawasan Karir Terhadap Aspirasi Karir Siswa Kelas X BB dan

DKY SMK Negeri 4 Pekanbaru T.P 2014/2015. Jurnal Online Mahasiswa

(JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.