Superioritas Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam

Rahmawati Rahmawati, Juliana Juliana, Aqsha Almadinah

Abstract


Abstract:

Pengembangan mutu lembaga Pendidikan Islam salah satunya akan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan yang dikembangkan oleh individu dalam memimpin lembaga pendidikan Islam.

Kepemimpinan islami memiliki beberapa ciri khas yang dapat digunakan pemimpin lembaga pendidikan Islam dalam melakukan tugas kepemimpinan.Kepemimpinan Islami merupakan keseimbangan antara kepemimpinan dengan konsep duniawi maupun konsep ukhrawi, menggapai tujuan hakiki lebih dari sekedar tujuan organisasi yang bersifat sementara, menuntut komitmen tinggi kepada prinsip-prinsip Islam dan menempatkan tugas kepemimpinan tidak sekedar tugas kemanusiaan yang dipertanggungjawabkan hanya kepada anggota, tetapi juga di hadapan Allah Swt.

Pengembangan mutu lembaga pendidikan Islam salah satunya akan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan yang dikembangkan oleh individu dalam memimpin lembaga pendidikan Islam.

Kepemimpinan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh seorang (pemimpin) yang dapat mewujudkan tujuan organisasi melalui orang lain dengan cara memberi motivasi agar orang lain dapat menjadi pribadi yang berjiwa pemimpin. Dan bisa memberi motivasi agar mau melaksanakan suatu hal yang sudah direncanakan sebelumnya menjadi suatu rencana yang sukses dan dapat memberi keuntungan terhadap orang lain. Seorang pemimpin harus memahami tentang dasar-dasar kepemimpinan atau unsur-unsur kepemimpinan agar menjadi seorang pemimpin yang bijak.

Dikatakan seorang pemimpin bukan hanya dalam lingkungan masyarakat saja namun dalam lingkup keluarga seorang bisa dikatakan pemimpin karena bisa memberikan sesuatu yang bisa didengar dan dilakukan dengan baik. Ada juga yang disebut pemimpin dalam lingkup besar seperti dalam organisasi, pemimpin agama, pemimpin negara dan lain sebagainya.

Karena menjadi seorang peimimpin tidak mudah seperti apa yang sudah dipikirkan banyak orang, melainkan menjadi seorang pemimpin hal yang sulit untuk dikerjakan, tetapi tergantung dalam masing-masing orang untuk menjalaninya. Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan untuk menggerakkan pelaksaan pendidikan untuk pelaksanaaan tujuan pendidikan.

Pendidikan islam adalah pembentukan kepribadian untuk menjadi manusia yang berakhlakul karimah, agar dalam kehidupan sehari-hari mendapatkan kententraman, kebahagiaan dan dapat mencerminkan ajaran islam

Full Text:

PDF

References


DAFTAR REFERENSI

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, 2008, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta:

Aditya Media.

Ariska, Ria Sita, Manajemen Kesiswaan, Jurnal Mananajer Pendidikan Vol. 9, No 6,

November 2015.

Dessler, Garry, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Prenhallindo.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali, 2014, Manajemen Pendidikan: Konsep dan

Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhalimin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan. Kencana : Jakarta.

Nasrul Abidin dkk, 2016, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan, Semarang: UIN

Walisongo.

Pidarta, Made, 2004, Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

TIM Dosen AdministrasicUPI, 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung :

Alfabeta.

Usman, Husaini. 2011. Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan.,

Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.