PEMBIASAAN DISIPLINN SISWA DALAM MENGIKUTI TATA TERTIB DI MTs NEGERI TAKALAR

Muhammad Asrullah, Muh Ali Bakri, Wahdaniyah Wahdaniyah

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bentuk tata tertib sekolah di MTs Negeri Takalar. 2) Untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan tata tertib sekolah di MTs Negeri Takalar. 3) Untuk mengetahui strategi mendisiplinkan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah di MTs Negeri Takalar.

Sehubungan dengan tujuan penelitian di atas, penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan (14 Maret – 14 mei 2022 ), dengan cara mengidentifikasi pembiasaan disiplin siswa dalam mengikui tata tertib sekolah di MTs Negeri Takalar.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Lokasi dan objek penelitian yang digunakan bertempat di MTs Negeri Takalar . Fokus Penelitian ini adalah Pembiasaan Disiplin Siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyampaian data,penarikan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa : 1) Bentuk tata tertib yang ada di MTs Negeri Takalar Berupa aturan tertulis yang di buat atas dasar rapat atau musyawarah yang dilakukan oleh kepala Madrasah, wakil kepala madrasah, guru bimbingan dan konseling dan dewan guru dan komite sekolah. 2) Efektifitas pelaksanaan tata tertib Madrasah di MTs Negeri Takalar sudah berjalan sesuai rencana karena adanya proses evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa dapat mengikuti tata tertib yang ada di MTs Negeri Takalar. 3) Strategi mendisiplinkan siswa dalam mengikuti tata tertib sekolah di MTs Negeri Takalar yaitu: pendekatan kepada siswa, sosialisasi kepada siswa dan orang tua siswa, Pengontrolan pelaksanaan tata tertib sekolah dan yang terakhir ialah pencegahan pelanggaran tata tertib dengan memberikan pendekatan kajian keagamaan atau bimbingan keagamaan oleh guru PAI dan Guru Bimbingan Konseling.

 

Kata Kunci: Pembiasaan Disiplin, Tata Tertib Sekolah


Keywords


Kata Kunci: Pembiasaan Disiplin, Tata Tertib Sekolah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alquran al-karim dan Terjemahnya.

Gunawan imam, Metode Penelitian kualitatif: Teori dan Praktek Jakarta: Bumi Aksara, 2017

Miles Dan Huberman, Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru.Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi, Jakarta; UI Press.1992

S.Nasution, Metode Research ( Penelitian Ilmiah ), ( Jakarta: Bumi Aksara, 2006). Sandu, Sitoyo dan M.AliSolik, Dasar Metodologi Penelitian Yokyakarta: Literasi

Media Publishing , 2015.

Wawancara dengan Abd Kahar. Rabu 13 April 2022

Wawancara dengan siswi Muliati. Selasa 12 April 2022

Wawancara dengan siswa Agung. Selasa 12 April 2022

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatfi, Kualitatif dan R&D Bandung; Alfabeta, 2007

Sugiyono,Metode Penelitian Kualitatif dan R dan D, (Bandung: Alfabeta 2013).

Tarakanika, Official, kedisiplinan diakses dari https://jessicagrchalim.wordpress.com/ kedisiplinan/ ,pada tanggal 23 desember 2020 pukul 08.35

Tridhonanto, Al. dan Beranda Agency dengan judul Mengembangkan pola asuh demokratis Jakarta :Elex Media Komputindo, 2014

Utami nurul silmi, Contoh dan sikap yang bertentangan dengan aturan di sekolah

.http://www.kompas.com. (diakses pada 30 september 2021,21.07 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.