DAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV DI SDN PA’BUNDUKANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya pandemi Covid-19 pada akhir tahun 2019 yang membuat perubahan besar dalam dunia pendidikan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pandemi Covid-19 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pa’bundukang, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi Dengan subjek penelitian yakni guru PAI, siswa, orang tua atau wali siswa juga didukung kepala sekolah. Setelah itu dilakukan pengumpulan data lalu dilakukan analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pandemi Covid-19 dalam pelaksanaan pembelajaran memberikan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya yakni meningkatkan motivasi guru agar lebih kreatif lagi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI serta beradaptasi dengan teknologi, menjadikan siswa lebih mandiri dalam pembelajaran, menjadikan hubungan siswa, orang tua, pendidik serta sekolah lebih erat dan intens. Selain itu dampak negatif yang dirasakan berupa, guru yang dibuat sibuk dan lelah untuk menyiasati pelaksanaan pembelajaran, pesrta didik yang kurang memahami pelajaran yang diberikan melalui grup WhatsApp. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yakni pandemi Covid-19 memberikan dampak positif dan negative bagi guru, siswa, dan orang tua atau wali siswa sebagai subjek dalam pelaksanaan pembelajaran dalam dan luar jaringan pada masa pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Proses Pembelajaran PA
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Dyah, Agun (2012), Pelaksanaan Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. (Jurnal Pendidikan
Engko Cecilia & Usmany Paul. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online, Jurnal Pendidikan
Faizah & Effendi M., L (2015) Psikologi Dakwah. Jakarta: Prenamedia
Hendayana Yayat, dkk, (2020) Buku Pendidikan Tinggi Di Masa Pandemi covid-19 (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI
https://kbbi.web.id, diakses pada 25 November 2021 16:00 WITA
Majid Abdul (2017), Strategi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munir, (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,Bandung: Alfabeta
Oemar Hamalik. (2008). Kurikulum dan pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Slameto (2010), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana Nana (1991), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru
Sugiyono (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta
Wawancara dengan Hj. Nurhayati (Kepala Sekolah SDN Pa’bundukang) Pada Tanggal 27 Agustus 2021 di ruang perpustakaan SDN Pa’bundukang pukul 11.45 WITA
Wawancara dengan Patimasang (Guru PAI) di ruang perpustakaan SDN Pa’bundukang pada tanggal 13 September 2021 pukul 08.20 WITA
Wawancara dengan Patimasang (Guru PAI) di ruang perpustakaan SDN Pa’bundukang pada tanggal 13 September 2021 pukul 08.20 WITA
Refbacks
- There are currently no refbacks.