KONSEP MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG PENDIDIKAN KEIMANAN PADA ANAK
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya penggalian konsep Mohammad Fauzil Adhim tentang pendidikan keimanan pada anak. Adapun rumusan masalahnya pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan keimanan yang harus diajarkan kepada anak menurut Muhammad Fauzil Adhim? (2) Bagaimana metode-metode pendidikan keimanan kepada anak menurut Muhammad Fauzil Adhim?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan menganalisa buku-buku atau teks yang berkaitan dengan pemikiran Mohammad Fauzil Adhim. Buku-buku mengenai pendidikan keimanan, mendidik anak serta tulisan tentang parenting baik di artikel, penelitian, disertasi maupun jurnal yang dikumpulkan kemudian analisis terkait dengan pembahasan Konsep Mohammad Fauzil Adhim tentang Pendidikan Keimanan pada Anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) menurut Mohammad Fauzil Adhim keimanan adalah kesediaan untuk mengakui, menerima dan berserah diri kepda Allah Ta’ala yang dinyatakan secara lisan dan diwujudkan dengan perbuatan, serta mengikatkan diri dengan Islam dan memiliki komitmen kepadanya, menjadikan Al-Qur’an dan Hadits sebagai pegangannya didalam kehidupan. Adapun secara garis besar menurut Mohammad Fauzil Adhim materi pendidikan keimanan pada anak yaitu dengan mengenalkan Allah kepada anak seperti membacakan kalimat tauhid pada anak, membina iman anak, mengajarkan Al-Qur’an, menumbuhkan kecintaan anak terhadap agama Islam, mengajarkan mereka berislam dengan Ihsan dan mendorong untuk berdakwah. (2) metode pendidikan keimanan menurut Mohammad Fauzil Adhim adalah metode motivasi, kasih sayang, pembiasaan, keteladanan nasihat dan ditambah dengan metode hukuman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Al-Qarim
Abdullah. 2018. Urgensi Pendidikan Agama dalam Keluarga dan Implikasinya terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. dalam Tranformasi: Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam Vol 2 No 1. Papua Barat. IAIN Sorong. (diakses 07 Juli 2021)
https://ejurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Transformasi/article/view/311/269
Adhim, Mohammad Fauzil. 2009. Saat Berharga untuk Anak Kita. Yogyakarta. Pro-U Media.
. 2009. Anak Harus Paham, Ada Agama Selain Islam. Suara Hidayatullah.
https://www.hidayatullah.com/kolom/meminangsurga/read/2009/07/30/42109/anak-harus-paham-ada-agama-selain-islam.html (diakses 01 Juli 2021)
. 2013. Segenggam Iman Anak Kita. Yogyakarta. Pro-U Media.
. 2015. Positive Parenting. Yogyakarta. Pro-U Media.
Al-Qaradawi, Yusuf. 1992. Tauhidullah dan Fenomena Kemusyrikan. Surabaya. Pustaka Progresif.
Annova, Fauzana. 2019. Pendidikan Keimanan dalam Al-Qur’an. dalam Al-Uswah: Jurnal Riset dam Kajian Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2. Riau: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. (diakses 07 Juli 2021) http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/AL-USWAH/article/view/8327
Asy-Syantut, Khalid. 2018. Mendidik Anak Laki-Laki. Solo. Aqwam.
Atabik, Ahmad dan Burhanuddin, Ahmad. 2015. Konsep Nasih Ulwan Tentang Pendidikan Anak. dalam Elementary Jurnal, Vol.2, No. 2. http://www.m-edukasi.web.id/2012/10/pendidikan-anak-usia-dini-paud.html.
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar. 2019. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Makasar
Hamzah, Amir. 2020. Metode Penelitian Kepustakaan. Malang. CV Literasi Nusantara Abadi.
Janna, Sitti Riadil. 2013. Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Ta’dib Vol 6 No 2. Kendari. Fakultas Tarbiyah STAIN Kendari. (diakses 05 Juli 2021)
Mahsunudin. 2020. Urgensi Pendidikan Keimanan bagi Anak. dalam Jurnal Al-Ifkar Vol XIV no 02 (diakses 08 Juli 2021) http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/ifkar/article/view/4329/3159
Mansur, Sutan. 1981. Tauhid Membentuk Pribadi Muslim. Jakarta. Yayasan Nurul Islam.
Mawardi, Amirah. 2017. Pendidikan Pra Nikah; Ikhtiar Membentuk Keluarga Sakinah.Jurnal Tarbawi Vol 2 No 2. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1036
Muhaimin, 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta. Rajawali Pers.
Naquib, Syed Muhammad al-Attas. 1981. Islam dan Sekularisme. Bandung. Pustaka.
Nata, Abuddin. 2018. Psikologi Pendidikan Islam. Depok. PT RajaGrafindo Persada.
Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Tekhnologi. Jurnal Kependidikan. https://media.neliti.com/media/publications/104343-ID-none.pdf (diakses 05 Juli 2021)
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. (diakses 05 Juli 2021)
PermataSari, Ayu. 2016. Konsep Pendidikan Tauhid Bagi Anak Dalam Buku “Segenggam Iman Anak Kita” Karya Muhammad Fauzil Adhim, Skripsi. IAIN Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Salatiga (01 Maret 2021)
Qulubiyah, Lu’luatul. 2017. Konsep Pendidikan Keimanan Bagi Anak Menurut Mohammad Fauzil Adhim. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. (01 Maret 2021)
Said, Nurhidayat Muh. 2013. Metode Penelitian Dakwah. Buku Daras. Makassar. UIN Alauddin. (diakses pada 10 Juli 2021) http://repositori.uin-alauddin.ac.id/405/1/Nurhidyat%20Muh.%20Said.pdf
Siregar, Lis Yulianti Syafrida. 2016. Pendidikan Anak dalam Islam. dalam Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Vol 1 No 2. UIN Ar-Raniry. (diakses 08 Juli 2021) hlm 19 LYS Siregar - Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 2017 - jurnal.ar-raniry.ac.id
Sugiyono. 1990. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Kanisius.
Sukatin, dkk. 2019. Pendidikan Anak dalam Islam. dalam Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Vol VI No 2. UIN Ar-Raniry. (diakses 08 Juli 2021) https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7345/4332
Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafizh. 2009. Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyyah lith Thifl. (penerbit Dar Ibnu Katsir) Diterjemahkan oleh Farid Abdul Aziz Qurusy. 2010. Prophetic Parenting; Cara Nabi Saw Mendidik Anak. Yogyakarta. Pro-U Media.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1994. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Semarang. Asy-Syifa.
Ulwan, Abdullah Nashih. 1997. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam. Mesir. Dar as-Salam.
Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.