PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN

Munirah Munirah, Andi Amiruddin, Atika Ahmad, St Rajiah Rusydi

Abstract


Metode pembiasaan tidak akan sempurnah jika tidak di iringi dengan metode metode keteladanan . karena anak didik selain melakukan kebiasaan, juga perlu adanya seorang figure yang di jadikan contoh untuk di tiru. secara psikologis anak senang meniru, tida saja yang baik-baik yang jelek pun ditirunya, dan secara psikologis pula manusia membutuhkan tokoh teladan dalam hidup. disinilah letak relevansi dan keterkaitan antara metode keteladanan dengan metode pembiasaan,artinya pendidik tidak hanya berbica ( memerintah ) tetapi juga harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak. Internalisasi  nilai-nilai Agama Islam melalui pembiasaan misalkan dalam bidang akhlak yaitu dengan jalan membiasakannya untuk bertingkah laku dan beraklak baik seperti ; kejujuran, adil, berlaku benar, memelihara lidah, tidak dusta, yang kesemuanya itu dapat bermanfaat untuk membentuk pribadi muslim anak.       

                  Dalam hal ini orang tua asuh atau pendidik harus mampu memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari maka dalam diri sang anak akan tertanam kepribadian yang baik. contoh, si anak terbiasa menerima perilaku adil  dan di biasakan berbuat adil, maka dalam diri pribadi anak akan tertanam rasa keadilan dan akan menjadi salah satunya unsur pribadinya. Dalam bidang ibadah yaitu dengan membiasakan setiap harinya sholat wajib lima waktu berjamaah dan membiasakan sholat sunnah baik sholat sunnah rawatib maupun sholat malam, serta membiasakan setiap senin dan kamis berpuasa sunnah. dengan begiru anak akan terbiasa melaksanakan syariat Islam dalam dirinya akan tertanam  pribadi yang baik. tidak lupa pula sebagai pendidik juga harus memberi contoh terhap apa yang mereka anjurkan.

 


Keywords


Kata Kunci: Nilai-Nilai Agama Islam, Peserta Didik, Metode Pembiasaan

Full Text:

PDF

References


Al-Qurthubi Imam Syaikh, Tafsir Al-Qurthubi,2009,Pustaka Azzam, (Jakarta Selatan), h. 163-164

Abddul Rahman, J, 2008, Tahapan Mendidik Anak , Bandung : Irsyad Baitul Salam ,

Abdullah Nasir Ulwan 1992, Pendidikan Anak Menurut Islam , (Bandung : Remaja Rosdakarya), h. 62

Ardiansyah Asrori M, M.Pd, 2011, Metode Penanaman Nilai Islam, Malang : Kabar Pendidikan,

Arif, 2002 Jurnal Pendidikan Agama Islam, hlm 114-155

Arif, Armai, 2002, Pengantar llmu dan Metodologi Pendidikan lslam , (Jakarta : Ciputat Press), h 110

Arifin Muhammad, 1993, llmu Pendidikan lslam (Cet.ll;Jakarta : Bumi Aksara ), h, 1 .

Aunul Ma’bud, Abdul Rahman Muhammad Usman 1979 , (Syarah Sunan Abi Daud). (Libanon: Darul fikr ), h. 161

Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), hlm 91

Angreani Mutia, Peserta Didik SMP Yapip Sungguminasa, 2 Juli 2020

Chabib Thoha, HM,1996, Kapita Selekta Pendidikan Agama lslam (Yogyakarta : Pustaka Pelajar) ,

Darajat, Zakiyah, 2005. llmu Jiwa Agama ,(Jakarta: P.T . Bulan Bintang), h. 74

Departemen Pendidkan Nasional, 2007 , Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka), h. 1135

Desmita , 2011, Psikologi Perkembangan Peserta Didik , (Bandung : Remaja Rosdakarya) hlm . 266 .

Fathoni Abdurrahman, 2006, Metodologi Pendidikan Dan Teknis Penyusunan skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta), hlm 10

Fitrah, Orang Tua Peserta Didik, SMP Yapip Sungguminasa , Wawancara Sungguminasa, 2 Juli 2020

H.A.R Tilaar, 2002, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo,

Harun, Salman, 1984, sistem Pendidikan lslam , (Bandung : Al-Ma’rif), h. 367

Jalaluddin, 2003, Psikologi Agama (cet. V; Jakarta : Rajawali Pres), h. 56.

Khanza Safitra, 2018, Dalami Islam, Pusat Ilmu Nusantara, Landasan Al-Qur’an ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu

lrsyarad Baitus Salam , 2008 . Ramayus , Metodologi Pendidikan Agama lslam , (Jakarta : Kalam Mulia , 2005) , h. 103 .

Irawati Warnia, Orangtua Peserta Didik SMP Yapip Sungguminasa, Wawancara 2 Juli 2020

Mardalis, 1995, Metode Penelitian , Suatu Pendekatan Proposal, (Cet. ll; Jakarta: Bulan Bintang), h. 55

Marimba D Ahmad,1989, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung : Al Ma’arif), h. 19

Marzuki, 2002, Metodologi Reset, (Yogyakarta: BPFE,UII), h. 62.

Multhazan Ariel, Peserta Didik kelas Vlll SMP Yapip Sungguminasa ,wawancara sungguminasa 2 juli 2020

Murni Puapita Indah S.pd, Guru Pendidikan Bahasa Indonesia SMP Yapip Sungguminasa , Wawancara 2 Juli 2020

Nasuprawoto, 2010, Implementasi Pembiasaan Sikap, (Jakarta: FiskaAgung Insani), h. 4

Nata, Abuddin ,1997, Filsafat Pendidikan lslam , (Jakarta : Logos Wcana llmu ), h. 101

Purwadarma, W. JS, 1999, Kamus Umum Bahasa lndonesia , (Jakarta : Balai Pustaka), h. 677

Repuplik Indonesia 2012, Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, “(Jogyakarta: Laksana), h. 15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.