PENERAPAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN
Abstract
Metode pembiasaan tidak akan sempurnah jika tidak di iringi dengan metode metode keteladanan . karena anak didik selain melakukan kebiasaan, juga perlu adanya seorang figure yang di jadikan contoh untuk di tiru. secara psikologis anak senang meniru, tida saja yang baik-baik yang jelek pun ditirunya, dan secara psikologis pula manusia membutuhkan tokoh teladan dalam hidup. disinilah letak relevansi dan keterkaitan antara metode keteladanan dengan metode pembiasaan,artinya pendidik tidak hanya berbica ( memerintah ) tetapi juga harus mampu menjadi teladan yang baik bagi anak. Internalisasi nilai-nilai Agama Islam melalui pembiasaan misalkan dalam bidang akhlak yaitu dengan jalan membiasakannya untuk bertingkah laku dan beraklak baik seperti ; kejujuran, adil, berlaku benar, memelihara lidah, tidak dusta, yang kesemuanya itu dapat bermanfaat untuk membentuk pribadi muslim anak.
Dalam hal ini orang tua asuh atau pendidik harus mampu memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari maka dalam diri sang anak akan tertanam kepribadian yang baik. contoh, si anak terbiasa menerima perilaku adil dan di biasakan berbuat adil, maka dalam diri pribadi anak akan tertanam rasa keadilan dan akan menjadi salah satunya unsur pribadinya. Dalam bidang ibadah yaitu dengan membiasakan setiap harinya sholat wajib lima waktu berjamaah dan membiasakan sholat sunnah baik sholat sunnah rawatib maupun sholat malam, serta membiasakan setiap senin dan kamis berpuasa sunnah. dengan begiru anak akan terbiasa melaksanakan syariat Islam dalam dirinya akan tertanam pribadi yang baik. tidak lupa pula sebagai pendidik juga harus memberi contoh terhap apa yang mereka anjurkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qurthubi Imam Syaikh, Tafsir Al-Qurthubi,2009,Pustaka Azzam, (Jakarta Selatan), h. 163-164
Abddul Rahman, J, 2008, Tahapan Mendidik Anak , Bandung : Irsyad Baitul Salam ,
Abdullah Nasir Ulwan 1992, Pendidikan Anak Menurut Islam , (Bandung : Remaja Rosdakarya), h. 62
Ardiansyah Asrori M, M.Pd, 2011, Metode Penanaman Nilai Islam, Malang : Kabar Pendidikan,
Arif, 2002 Jurnal Pendidikan Agama Islam, hlm 114-155
Arif, Armai, 2002, Pengantar llmu dan Metodologi Pendidikan lslam , (Jakarta : Ciputat Press), h 110
Arifin Muhammad, 1993, llmu Pendidikan lslam (Cet.ll;Jakarta : Bumi Aksara ), h, 1 .
Aunul Ma’bud, Abdul Rahman Muhammad Usman 1979 , (Syarah Sunan Abi Daud). (Libanon: Darul fikr ), h. 161
Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), hlm 91
Angreani Mutia, Peserta Didik SMP Yapip Sungguminasa, 2 Juli 2020
Chabib Thoha, HM,1996, Kapita Selekta Pendidikan Agama lslam (Yogyakarta : Pustaka Pelajar) ,
Darajat, Zakiyah, 2005. llmu Jiwa Agama ,(Jakarta: P.T . Bulan Bintang), h. 74
Departemen Pendidkan Nasional, 2007 , Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta : Balai Pustaka), h. 1135
Desmita , 2011, Psikologi Perkembangan Peserta Didik , (Bandung : Remaja Rosdakarya) hlm . 266 .
Fathoni Abdurrahman, 2006, Metodologi Pendidikan Dan Teknis Penyusunan skripsi, (Jakarta: Rineka Cipta), hlm 10
Fitrah, Orang Tua Peserta Didik, SMP Yapip Sungguminasa , Wawancara Sungguminasa, 2 Juli 2020
H.A.R Tilaar, 2002, Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo,
Harun, Salman, 1984, sistem Pendidikan lslam , (Bandung : Al-Ma’rif), h. 367
Jalaluddin, 2003, Psikologi Agama (cet. V; Jakarta : Rajawali Pres), h. 56.
Khanza Safitra, 2018, Dalami Islam, Pusat Ilmu Nusantara, Landasan Al-Qur’an ayat-ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu
lrsyarad Baitus Salam , 2008 . Ramayus , Metodologi Pendidikan Agama lslam , (Jakarta : Kalam Mulia , 2005) , h. 103 .
Irawati Warnia, Orangtua Peserta Didik SMP Yapip Sungguminasa, Wawancara 2 Juli 2020
Mardalis, 1995, Metode Penelitian , Suatu Pendekatan Proposal, (Cet. ll; Jakarta: Bulan Bintang), h. 55
Marimba D Ahmad,1989, Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung : Al Ma’arif), h. 19
Marzuki, 2002, Metodologi Reset, (Yogyakarta: BPFE,UII), h. 62.
Multhazan Ariel, Peserta Didik kelas Vlll SMP Yapip Sungguminasa ,wawancara sungguminasa 2 juli 2020
Murni Puapita Indah S.pd, Guru Pendidikan Bahasa Indonesia SMP Yapip Sungguminasa , Wawancara 2 Juli 2020
Nasuprawoto, 2010, Implementasi Pembiasaan Sikap, (Jakarta: FiskaAgung Insani), h. 4
Nata, Abuddin ,1997, Filsafat Pendidikan lslam , (Jakarta : Logos Wcana llmu ), h. 101
Purwadarma, W. JS, 1999, Kamus Umum Bahasa lndonesia , (Jakarta : Balai Pustaka), h. 677
Repuplik Indonesia 2012, Undang-Undang Repuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, “(Jogyakarta: Laksana), h. 15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.