FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIDKAN DI ERA MODERNITAS

Wahdaniya Wahdaniya, Ahmad Nashir

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi manajemen pendidikan di era modernitas. Dalam era modernitas, persaingan semakin ketat mengakibatkan terjadi berbagai perubahan dalam hampir semua aspek, yaitu politik, sosial budaya, ekonomi, teknologi, hukum, pendidikan dan lain-lain. Kelangsungan hidup organisasi sangat tergantung pada kemampuan untuk memberikan respon terhadap perubahan-perubahan tersebut. Lembaga pendidikan harus mampu mengantisipasi tantangan modernitas dengan terus menerus mengupayakan suatu program yang sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan zaman, situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik. Memperbaiki kehidupan suatu bangsa, harus dimulai penataan dari segala aspek dalam pendidikan. Salah satu aspek yang dimaksud adalah manajemen pendidikan. Manajemen pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghadapi era modernitas, karena didalam manajemen pendidikan mencakup planning, organizing, staffing, coordinating, leading, motivating, innovating, reporting, dan  controlling. Adapun fokus kajian dalam tulisan ini adalah apa yang dimaksud manejmen pendidikan dan modernitas, bagaimana ruang lingkup manajemen pendidikan, dan bagaimana fungsi manajmen pendidikan dalam menghadapi era modernitas. Studi ini menemukan bahwa manajemen pendidikan merupakan hal yang sangat urgen dan signifikan dalam era modernitas


Keywords


Manajemen Pendidikan, Era Modernitas

Full Text:

PDF

References


Al Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Bandung: Pt. Syaamil Cipta Media, 2007.

Danim, Sudarwan. Visi Baru Manajmen Sekolah, Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik Cet. III; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008

E, Mulyasa. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi Cet. 12; Bandung: Rosdakarya 2009.

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan (cet. X; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Komariah, Aan dan Engkoswara, Administrasi Pendidikan Bandung: Alfabeta, 2010.

Nasution, M. N. Manajemen Mutu Terpadu, Edisi kedua; Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Prayitno. 2008. Arah dan langkah pengembangan Fakultas/ Jurusan Kependidikan. Makalah: disampaikan pada Seminar Internasional Pendidikan dan Temu Karya Dekan FIP/FKIP BKS-PTN Wilayah Barat Indonesia.

Hafidudin, Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Prkatik, Gema Insani, Jakarta, 2003.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 2008.

Robbin dan Coulter, Manajemen (edisi kedelapan), PT Indeks, Jakarta, 2007.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional (Cet. IV; Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Rimang, Siti Suwadah, Meraih Predikat Guru dan Dosen Paripurna, Cet. I; Bandung: Ikapi, 2011.

Robbins, Stephen P. dan Mary Coulter, Manajemen, Alih Bahasa Bob Sabran dan Devri Barnadi Putera, Edisi kesepuluh, Jilid: II, jakarta: Erlangga, 2010.

Sanjaya,Wina, Strategi pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendiidkan, Ed. I; Cet. VIII; Jakarta: Kencana, 2011.

Saefudin, Udin, Inovasi Pendidikan Cet.I; Bandung: ALFABETA, 2008.

Salam, Burhanuddin, Pengantar Pedagogik, (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik), (Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta 2006.

Tilaar, M, A.R. Manajemen Pendidikan Nasional Cet. IX; Bandung: Ikapi, 2008.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan, Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2011.

Terry,George. R, Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran Cet. I; Bandung: CV. Alfabeta, Bandung, 2009.

Zubaidi, Pendidikan Berbasis Masyarakat (Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.