METODE PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI IBADAH PADA ANAK DI TPQ FAUZIAH AL MAJID MAKASSAR

Husnussadah Husnussadah

Abstract


Metode pembelajaran yang diterapkan TPQ Fauziah al-Majid ada 3 metode yaitu metode ceramah, metode demonstrasi dan metode pemberian reward dan punishmet. Metode tersebut digunakan untuk memberikan motivasi kepada seluruh santri TPQ Fauziah al Majid senantiasa menjadikan segala aktivitasnya bernilai ibadah, baik ibadah mahdah maupun ibadah ghairu mahdah seperti santri sejak dini sudah membiasakan dan bertanggungjawab pada kewajibannya mendirikan shalat, termotivasi menghafalkan al-Qur’an dan memurajaahnya.  Begitu pula dari beberapa materi dinul islam yang disampaikan melalui metode ceramah memberikan pemahaman dan kesadaran untuk membiasakan diri menjaga nilai-nilai agama, dan menjaga tingkah laku terhadap sesama.


Keywords


Metode, Pembelajaran, Ibadah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2001.

Ali, Mohammad dan Mohammad Anshari, Psikologi Remaja Perkembangan Santri, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Arief, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Ciputat Pers. 2002.

Dahar, Ratna Wilis. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. 2011.

Darmanto, Priyo dan Pujo Wiyoto, Kamus Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris, Surabaya: Arkola, 2015.

Ginting, Abdurrahman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2008.

Hamid, Sholeh. Metode Edutaiment, Jogjakarta: Diva Press, 2011.

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Malang: Pustaka Pelajar, 2013.

Majid, Abdul. “Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agam Islam Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Mu’awanah, Strategi Pembelajaran Cet 1, Kediri: Stain Kediri Press, 2011.

Nata, Abuddin. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011.

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosda karya, 2011.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Saleh, Hassan. Kajian Fiqih Nabawi & Fiqih Kontemporer, Jakarta: Raja Wali Pers: 2008 .

Shoimin, Aris. ‘’68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013’’, Yogyakarta: 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Suryabrata, Sumadi. Metedologi Penelitian, -Ed.2-Cet.25, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2014.

Syukur, Amin. Pengantar Studi Islam, Semarang: Bima Sejati, 2000.

Zuhairi, et.al, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.