STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA SD ISLAM AL-IZHAR CENDEKIA MAKASSAR

Muthaharah Muthaharah, Darmiati B

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Active Research), yakni peneliti langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data terkait strategi pembelajaran quantum teaching dalam menngkatkan motivasi belajar PAI siswa SD Islam Al-Izhar Cendekia Makassar. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas IV, yang berjumlah 10 orang.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Adapun dalam tahap pelaksanaannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokmentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari pemberian angket di awal siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus pertama yakni motivasi belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata secara persentase 60 % pada kategori baik. Pada siklus kedua, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan, kategori sikap sangat baik memperoleh nilai rata-rata secara persentase 70% . dengan pencapaian tersebut, hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Quantum Teaching, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Triwiyanto, Teguh Pengantar Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2017

Undang-Undang RI NO. 20 Tahun 2003 BAB III pasal 1, tentang Sistem Pendidikan Nasional, Surabaya : Media Centre, 2005

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2006

DePotter, Bobby dkk., Quantum Teaching : Mempraktikkan Quantum Teaching di Ruang-Ruang Kelas, terj. Ary Nilandrari, Bandung : Mizan, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.