Strategi Pembelajaran E-Learning di Era Digitalisasi

Husnussaadah Husnussaadah

Abstract


Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin pesat, memberikan pengaruh terhadap pendidikan salah satunya adalah konsep dan mekanisme pendidikana yang berbasis e-learning. Konsep pembelajaran sejalan dengan kemajuan teknologi dimana dalam proses pembelajaran memanfaatkan perangkat teknologi atau e-learning dengan maksud proses pembelajaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, sehingga  proses pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dimana saja. E-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Melalui e-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan sebagainya. Materi bahan ajar dapat divirtualisasikan dalam berbagai format sehingga lebih menarik dan lebih dinamis sehingga mampu memotivasi peserta didik untuk lebih jauh dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Pendidikan kecakapan Hidup (Live Skills Education). Bandung: Penerbit Alfabeta 2017.

Budi Harsanto, Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial, Bandung: UNPAD Press. 2017.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135. 2016.

Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gaya media, 2010.

Gartika Rahmasari dan Rita Rismiati. e-learning Pembelajaran Jarak Jauh di SMA. Bandung: Penerbit Yrama Widya, 2013.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: Pedagogia, 2012

Wiwin Hartanto, Jurnal: Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. 2016,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.