Pendidikan di Pesantren dan Madrasah

Rufaidah Salam

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang pada awalnya didirikan oleh kaum muslim yang secara tradisional ingin menyeberkan ajaran agama Islam kepada masyarakat Islam. Adapun yang melatarbelakangi pertumbuhan madrasah  di Indonesia didorong oleh dua faktor, yaitu menguatnya gerakan pembaharuan Islam di Indonesia dan adanya respon pendidikan Islam terhadap kebijakan pendidikan Hindia Belanda. Pesantren tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga berfungsi sebagai lembaga sosial dan penyiaran agama. Sebagai lembaga pendidikan, pesantren menyelenggarakan pendidikan formal dan pendidikan non formal yang secara khusus mengajarkan fiqhi, hadis, tafsir, tauhid, tasawuf yang berasal dari kitab kuning. Madrasah dalam posisinya  memasuki era Indonesia baru menghadapi persaingan yang berorientasi kelulusan. Oleh sebab itu, dunia madrasah memerlukan dinamika di bidang pengembangan ilm pengetahuan dan teknologi. Madrasah harus mampu membekali lulusannya untuk terjun ke masyarakat. Selanjutnya dalam rangka menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks, madrasah harus mampu beradaptasi dengan kecenderungan nasional dan global.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, H.M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam Cet. I; Jakarta: PT.Bumi Aksara, 2003.

Arifin H.M., Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum Jakarta: Bina Aksara, 1991.

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat Bandung: Mizan, 1992.

Dawam, Ainurrafiq & Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren Cet. I; t.tp: Listafariska Putra, 2004.

Departemen Agama, Pedoman Pembinaan Pondok Pesantren Jakarta: Ditjen Bimbingan Islam, 1985.

Haedari, HM. Amin, Masa Depan Pesantren dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global Cet. I; Jakarta: IRD Press, 2004.

Khaeruddin, Ilmu Pendidikan Islam Cet. II; Makassar: Yayasan Pendidikan Fatiya Makassar, 2004.

Masyhudi, H.M. Sulthon & Moh.Khusnurdilo, Manajemen Pondon Pesantren Cet. II; Jakarta: Diva Pustaka, 2005.

Muhaimin & Abd.Mudjib, Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Oprasionalisasinya Cet. I; Bandung: Trigenda Karya, 1993

Nizar, H.Syamsul, Sejarah Pendidikan Islam, Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah sampai Indonesia Cet. II; Jakarta: Kencana, 2007.

Shaleh, Abdul Rachman, Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi dan Aksi Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000.

------------------------------, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa; Misi, Misi dan Aksi Cet. I; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2004.

Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam Cet. II; Jakarta: Kencana, 2008.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Cet. I; Ciputat: Ciputat Press, 2005.

Tilaar, H.A.R, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.