Paradigma Pendidikan Islam Tentang Patologi Sosial (Penyakit Sosial)

Wahdaniya Wahdaniya

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan paradigma pendidikan Islam tentang patologi sosial (penyakit sosia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research). Data yang terkumpul diperoleh dari studi kepustakaan (library research) berupa jurnal, buku/literatur yang relevan dengan tulisan ini. Adapun bahan pustaka yang mempunyai kekuatan mengikat yang mendasari kajian dalam tulisan ini yaitu al-Qur`an dan terjemahnya serta hadits. Hasil kajian menunjukan bahwa pendidikan Islam merupakan pendekatan yang strategis dalam membentuk karakter individu yang kuat serta sebagai solusi yang sangat urgen untuk menyikapi berbagai penyimpangan yang terjadi dalam masyarakat (patologi sosial). Pendidikan Islam di dalamnya mencakup nilai-nilai ketauhidan, ibadah dan akhlak. Pendidikan Islam berkaitan dengan pembinaan sikap mental spiritual yang dapat mendasari tingkah laku manusia dalam berbagai bidang kehidupan, menjadi pegangan pokok yang membimbing dan mengarahkan manusia untuk bertindak benar dalam hubungannya dengan Allah swt, sesama manusia maupun dengan alam semesta

Keywords


Pendidikan Islam, Patologi Sosial

Full Text:

PDF

References


Burlian , Paisol. 2016, Patologi Sosial, Cet. 1. Jakarta, Bumi Aksara.

Danang Dwi Basuki, 2024. Pendekatan Integratif Pendidikan Tauhid dan Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembentukan Akhlak Terpuji, Intelektual, Jurnal Pendidikan dan Studi Keilmuan, Volume 14 (3).

Daradjat, Zakiah, (2011). Ilmu Pendidikan Islam, Cet. IX; Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasnil Aida Nasution, Khairat Manurung, 2019, Patologi Sosial dan Pendidikan Islam Keluarga, Scopindo,, Surabaya.

Hassan Shadily, 1984. Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta: PT Bina Aksara.

Muslimin, Cecep Sumarna, Abd.Rozak, (2022). Patologi Sosial dan Kesehatan Mental; Orientasi Problematika dan Solusi(dalam Kajian Pendidikan Agama Islam),Jurnal pendidikan dan konseling, volume 4 (6).

Muhammad Aminullah, Mohammad Makinuddin, (2025). Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat Dalam Mengantisipasi Patologi Sosial, Jurnal Pendidikan Multidisipliner, Volume 8 Nomor 4.

M. Arifin, 2011. IlmuPendidikan Islam (Cet. V; Jakarta: PT. BumiAksara,

Mustafa Kamal Pasha, 2003, Fikih Islam, Cet. III; Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri,

Nasuan, Hasnil Aida, 2020. Sosiopatologi dan Pendidikan Islam Keluarga. (Scopindo Media Pustaka.

Paisol Burlian, Patologi Sosial, Cet. 1. Jakarta, Bumi Aksara, (2016).

Khaereuddin, IlmuPendidikan Islam (Ed. I Cet. I; Makassar: CV. Berkah Utami, 2002.

Khoiran Rosyadi, 2004. Pendidikan Profetik (Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartini Kartono, Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.

Siti Musdah Mulia, 2011, Membangun Surga di Bumi, Kiat-Kiat Membina Keluarga Ideal dalam Islam (Jakarta: Elex Media Komputindo.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, 1964. Setangkai Bunga Sosiologi, Jakarta: Yayasan Badan Penerbit Fakultas Ekonomi UI, 1964.

Umar, Bukhari, 2010, IlmuPendiidkan Islam, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Amzah.

Wahdaniya, St. Mutahharah, 2024. Tri Pusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran (Perspektif Pendidikan Islam), IQRA, 4 (2).

Zulmuqim, M Zalnur, Robi Aroka, Desman, 2022. Hakikat Pendidikan Islam : Dasar, Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam serta Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Resdati, Rizka Hasanah, 2021, Kenakalan Remaja Sebagai Salah Satu Bentuk Patologi Sosial (Penyakit Masyarakat), Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3).

Novita Taneu, Warjani, 2022. Patologi Sosial Dalam Pandangan Islam, Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 11 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.