PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam sangat berpengaruh dalam menumbuhkan karakter Peserta didik di sekolah. Selain mentransfer ilmu agama juga berperan dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik yang sesuai dengan syariat Islam dan budaya bangsa Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitiannya adalah metode deskriptif. Sumber data berasal dari informan yaitu Guru Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data,,dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar sudah baik namun belum optimal, karena masih didapati beberapa peserta didik yang perilakunya kurang baik, misalnya terlambat datang di sekolah, kurang disiplin dalam mengerjakan tugas, kurang sopan kepada guru dan juga masih ada beberapa siswa yang kurang lancar membaca ayat-ayat al-Qur’an, bahkan masih ada juga peserta didik yang malas pergi shalat di masjid apabila adzan dikumandangkan.
Guru Pendidikan Agama Islam telah mendidik, mengajar, dan membimbing peserta didik untuk berperilaku dan berkarakter religus. Guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar seperti metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasihat.
Implikasi dari penelitian ini adalah berbagai bentuk kegiatan pembinaan karakter religius peserta didik yang telah dikembangkan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Karakter Religius Peserta Didik di SMA Negeri 1 Makassar hendaklan ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang mampu meningkatkan proses pertumbuhan karakter religius peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’anul Kariim
A.Info. (2020). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar. 64-68.
Abuddin, N. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Badrus. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia . Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, 28.
Gafar, H. (2019). Peran Guru Profesional dalam Membina Karakter Religius Peserta didik Berbasis Nilai Kearifan Lokal Sekolah Dasar Negeri Sila di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 15-28.
Hamka, A. (2016). Karakter Guru Profesional. Jakarta: PT. Al-Mawardi Prima
Kementerian Agama RI (2017). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya Penerbit Nur Ilmu.
Kemendiknas. (2017). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Blitbang.
Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Milles, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Terj. Tjejep Rohidi. Jakarta: UI Press.
Mukhtar, M. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Ranah Pengetahuan.
Muhammad Said, S.Pd.I. (2024). Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam Pada 20 Mei 2025.
Muh. Jakir, S.Pd.I. (2024). Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam Pada 20 Mei 2025.
Muliati, S.Pd.I. (2024). Hasil Wawancara dengan Guru Pendidikan Agama Islam Pada 20 Mei 2025.
Raco, J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.
Siti. (2021). Optimalisasi Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Sari, R. (2018). Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa.
Sholihah, A. (2022). Strategi Guru PAI dalam menumbuhkan karakter Religius Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 45-58.
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tia. (2023). Tekhnik Analisis Data : Pengertian, Jenis, dan Cara Memilihnya. Jurnal Ilmiah.
Widayanto, F. C. (2016). Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Bangsa di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Surabaya.
Zakiyah, D. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Zubaedi. (2016). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.