Manajemen Kurikulum PAI Dalam Mendefinisikan Karakter Peserta Didik Unggul di MA KHA. Wahid Hasyim Bangil
Abstract
Tujuan pengelolaan kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Wahid Hasyim Bangil adalah untuk mengembangkan karakter unggul siswi berbasis pondok pesantren. Misi MA Wahid Hasyim Bangil, sebuah organisasi pendidikan Islam, adalah menciptakan siswa dengan karakteristik unggul secara spiritual, moral, dan akademik dengan mengintegrasikan kurikulum Islam tradisional dengan tradisi semi-salaf saat ini. Pada artikel ini, kita akan membahas strategi dan taktik yang digunakan untuk mengelola kurikulum agar mencapai tujuan yang dinyatakan.
Pondok Pesantren adalah bagian dari pendidikan nasional yang berdiri jauh sebelum kemerdekaan dan bahkan mungkin menjadi sekolah dengan ciri khas, kemurnian, dan kebangsaan. Ada beberapa pesantren, seperti lembaga pendidikan Islam, yang sangat penting bagi perkembangan Islam di seluruh dunia. Mereka juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan lembaga pendidikan Islam lainnya di Indonesia. Pesantren bertujuan menanamkan nilai-nilai moral pada pemimpin bangsa dan ulama. Karena itu, pesantren disebut sebagai kekuatan untuk pengembangan masyarakat dan transformasi pengetahuan. Untuk mencapai tujuan pesantren sebagai agen transformasi pengetahuan, perlu dikembangkan kitab-kitab baik klasik maupun modern.
Mengeksplorasi peranan manajemen kurikulum dalam menciptakan karakter unggul peserta didik di MA WAHA Bangil dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis penerapan kurikulum yang memadukan aspek keislaman berbasis kitab kuning dari pondok WAHA dengan keunggulan akademis di sekolah MA. Sebuah penelitian memberi petunjuk bahwa manajemen kurikulum yang terintegrasi secara holistik bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan karakter unggul para peserta didik, yang melibatkan dimensi keilmuan dan spiritualitas.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Abuddin, Nata. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Akmal, Mundiri. 2018. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Di Smp Nurul Jadid”. Jurnal Tadrib 4, no 1.
Ara, Hidayat dan Wahib Eko. 2021. Kebijakan Pesantren Mu’addalah dan Implementasi Kurikulum di Madrasah Salafiyah Pondok Tremas Pacitan. Jurnal Pendidikan Islam: Volume III, Nomor 1.
Annisa, Mu’arif Nurhidayati, dkk. 2021. Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. (Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 1. 164-838-1-PB.pdf diakses tanggal 07 Desember 2024 pukul: 19.00Fitriani, M. I., & Hakim, M. V. F. (2021). Principal Leadership Patterns in Collaborating With School Committee. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 194–205. https://doi.org/10.31538/ndh.v6i1.1384
A., F. Natsir & Anthin Lathifah. 2023. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pare Kediri: Inovatif. Volume 09 Nomor 02.
Iskandar, Murniati AR, Bahrun. Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sma Negeri 1 Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya, https://media.neliti.com/media/publications/93145-ID-manajemen-kurikulum-dalam-meningkatkan-m.pdf, diakses tanggal 08 Desember 2024 pukul: 15.30.
Mannulang. 1976. Dasar-Dasar Management. Jakarta: Ghalia.
Made Pidarta. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
M. , Nafi` Dian, dkk. 2007. Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: Institute for Training and Development Amherst MA.
Ma’unah Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri. Yogyakarta: Teras.
Nana, Sukmodinoto Saodih. 2003. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazarudin, Rahman. 2009. Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umu. Cet I. Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Oemar, Hamalik. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : Rosda Karya.
Poniman, Adyanto. 2017. Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. (Jurnal Management Pendidikan Islam: Volume II Nomor 1.
Rofi’, Addaroini. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren. Madrasah dan Sekolah https://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/51, diakses pada tanggal 07 Desember Pukul: 09.25.
Rusman. 2018. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada.
Tim Redaksi Fokusmedia. Sisdikna,s. Bandung: Fokusmedia.
Tim redaksi MAWAHA. 2021. Ajang Literasi dan Khazanah Informasi Madrasah. Jurnal WAHA: Al-Khoir, Edisi I.
Tri Fajar. Manajemen Kurikulum: Mengenal Tujuan dan Prinsip. https://gurubinar.id/blog/manajemen-kurikulum-mengenal-fungsi-dan-prinsip?blog_id=202 diakses pada tanggal 07 Desember 2024 Pukul: 09.20
Wijaksono. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.