Manajemen Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam

Zubair Zubair, Sumiati Sumiati, Ratna M.

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui suatu sistim pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperensif, sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Dalam pelaksanaanya kurikulum, manajemen kurikulum harus dikembangkan sesuai dengan konteks Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian. Hasil penelitian ini Manajemen kurikulum adalah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komprehensif, sistematik dalam rangka mewujudkan ketercapaian tujuan kurikulum. Ruang lingkup manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Kurikulum terbentuk oleh empat komponen-komponen yaitu komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi pencapaian, dan komponen evaluasi. Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam melaksanakan manajemen kurikulum yaitu (1) produktivitas, (2) demokratisasi, (3) kooeratif, (4) efektifitas dan efensiensi, (5) mengarahkan visi, misi, dan tujuan. Dan secara garis besar terdapat beberapa kegiatan berkenaan dengan fungsi manajemen kurikulum yaitu: Perencanaan kurikulum, Pelaksanaan kurikulum Penilaian kurikulum dan Pengembangan kurikulum

Keywords


Manajemen, Kurikulum, Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Adyanto, P. (2017). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Hamalik, O. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 197-207.

Hasni, H. (2022). MANAGERIAL CAPABILITIES ON TEACHER PERFORMANCE AT JUNIOR HIGH SCHOOL 1, BANGKALA BARAT. JICSA (Journal of Islamic Civilization in Southeast Asia), 11(2), 292-308.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75.

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan 2. Bandung: Alfabeta

Muhtadi, R., Luthfi, F., Rukmana, A. Y., Hamilunniám, M., Nugroho, L., & Sunjoto, A. R. (2023). MENELUSURI JEJAK SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM.

Muslim, H. U. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 65-70.

Muthmainnah, S. (2023). MANAJEMEN KURIKULUM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 1(2), 114-120.

Oron, W., Syamsul, S., & Sumiati, S. (2022). Manajemen Strategi Sop (Standar Operational Prosedur) Dalam Menghadapi Persaingan Kompetetif Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 2(02), 132-141.

Rohman, F. (2018). Manajemen kurikulum dalam pendidikan islam. Nizhamiyah, 8(2).

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suhardan, D dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tabroni, I., Syah, E., & Siswanto, S. (2022). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Pada Masa Covid-19 di Masjid Hayatul Hasanah dan Baitut Tarbiyah Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 125-136.

Wahyuddin, W., Itang, I., Jasri, J., Abidin, Z., Qurtubi, A. N., Zulfa, M., ... & Mustika, M. (2023). Kaidah Fiqih Ekonomi Syariah. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.