Uslūb Iltifāt dan Bentuk-Bentuknya dalam Sūrah Al-A‘Rāf: Suatu Analisis Balāghah

Mardiana Haris

Abstract


Penelitian ini membahas tentang “Uslūb al-Iltifāt dan bentuk-bentuknya dalam sūrah al-A‘rāf (suatu analisis Balāghah)”yaitu perpindahan dari satu uslūb ke uslūb lain yang mencakup dari ketiga ḍamīr, mukhāţab, ghāib dan mutakallim. Tujuan dari peneitian ini adalah mengidentifikasi uslūb al-iltifāt baik dari segi jenis, bentuk serta menjelaskan bagaimana penggunaannya dalam sūrah al-A‘rāf , sehingga dapat diketahui seberapa banyak ayat-ayat dalam sūrah al-A‘rāf yang menggunakan uslūb al-Iltifāt. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan membaca sejumlah referensi mengenai uslūb al-Iltifāt. Data yang diperoleh, diklasifikasi dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif terhadap penggunaan uslūb iltifāt yang ada dalam sūrah al-A‘rāf, sesuai dengan objek yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa ayat di dalam sūrah al-A‘rāf yang menggunakan uslūb al-Iltifāt, baik dari segi jenis maupun bentuk-bentuknya yang menjadi cakupan dalam uslūb al-Iltifāt.

Keywords


Uslūb Iltifāt, Sūrah al-A’rāf

Full Text:

PDF

References


‘Akkāwī, In’ām Fuwwāl. 1996. Al-Mu‘jam al-Mufaşşal Fī ‘Ulūm al-Balāghah_Al-Badī’ wa al-Bayān wa al-Ma’ānī. Beirut : Daar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Hāshimī, Ahmad, al-Sayyid. 1960. Jawāhir al-Balāghah Fī al-Ma‘ānī Wal Bayān Wal Badī’. Indonesia: Dār Ihyā al-Kutub al-‘Arabiyyah.

Al’Ijlāni, Muhammad bin Abdullah. 1994. Al-Balāghah wa Al-Naqd- al-Ţab’atul Ūlā. Al-Mamlakah al‘Arabiyyah al-Sa’ūdiyyah : Jāmi’ah al-Imam Muhammad bin Sa’ūd al-Islāmiyyah.

Bua, As‘ad. 2009. Morfologi Arab Suatu Tinjauan Deskriptif. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Daub, Rābih. 1997. Al-Balāghah’Inda al-Mufassirīn. Kairo : Daar Al-Fajr Li al-Nashr wa al-Tauzī’.

Departemen Agama RI. 2005. Al-Jumānatul‘Alī-Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung : CV Penerbit J-Art .

Dzul Iman, Maman. 2003. “Analisis Balāghah Terhadap Karya al-Barazanjiy”. Tesis Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Gising, Basrah.2006. Linguistik Umum Pengantar Belajar Bahasa. Makassar: Eramedia.

https://pals.ahlamontada.net/t4350-topic (11 oktober 2023, 23.00)

http://www.alquranindonesia.com/index.php?option=com_quran&task=detail&surano=18&Itemid=1&limitstart=100 , (11 oktober 2023)

Ibrahim, Abu al-Fadli, Muhammad. 2005. Al-Burhān Fī Ulūm al-Qur’an. Beirut: Al-Maktabah al-‘Aşriyyah.

Kushartanti, et al. 2009. Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Mūsā, Ahmad Ibrahim. 1969. Al-Şibghu Al-Badī’ Fī Al-Lughah Al-‘Arabiyyah. Kairo:Dār al-Kātib al-‘Arabī Li al-Ţabā’ah wa al-Nashr.

Sudaryanto. 1992. Metode Linguistik Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Cetakan III. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sugono, Dendy, dkk. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional .

Zaenuddin, Mamat. 2005. “Studi Analisis Tentang Gaya Bahasa Iltifāt Al-Qur’an dan Fenomena Keindahannya”. Disertasi Program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Al-Zarqānī, Muhammad‘Abdul‘Azīm. 1995. Manāhil al-‘Irfān Fī ‘Ulūm al-Qur’an. Beirut: Daar Ihyā al-Turāth al-‘Arabī.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.