Implementasi Metode Qira'ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 2 Makassar

Wahyuni Wahyuni, Ahsan Taqwim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode qira'ah diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 2 Makassar. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaannya dan upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian lapangan ini dilakukan terhadap guru bahasa Arab dan siswa kelas VII.1 MTs Negeri 2 Makassar yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan secara kualitatif dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode qira'ah perlu dikombinasikan dengan media pembelajaran lain, seperti video, gambar, dan irama lagu yang menarik dalam membaca. Hambatan utama dalam implementasi metode qira'ah adalah ketidakpahaman siswa terhadap huruf hijaiyyah, kurangnya minat siswa untuk belajar bahasa Arab, dan lemahnya kemampuan kosakata. Oleh karena itu, metode qira'ah perlu dilengkapi dengan metode lain untuk mengatasi kendala tersebut. Guru dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Arab siswa dengan memberikan pengajaran tambahan, memberikan perhatian khusus, dan menekankan pentingnya menghafal kosakata. Penggunaan media video, gambar yang menarik, dan irama lagu dalam membaca dapat memudahkan siswa untuk menghafal kata-kata baru

Keywords


Metode Qira'ah, Pembelajaran Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Asyofi, S. (2016). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Ombak.

Hamid, A. Uril Baharuddin., dan Bisri Mustofa. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi dan Media. Malang: UIN-Malang Press.

Makruf, I. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press.

Yusuf, T., dan Syaiful Anwar. (1997). Metodologi Pengajaran Agama Dan Bahasa Arab. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Fakhrurrozi, A., & Erta Mahyudin. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Hermawan, A. (2013). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT. Remaja Rosda karya.

Khoiriyah, H. (2019). METODE QIRĀ’AH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN RESEPTIF BERBAHASA ARAB UNTUK PENDIDIKAN TINGKAT MENENGAH. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, null, null. https://doi.org/10.24252/SAA.V7I2.10805

Khotiah, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Membaca Teks Berbahasa Arab melalui Metode Qiraah Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Negeri 8 Karangmojo. Jurnal Pendidikan Madrasah, null, null. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-09

Rathomi, A. (2019). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAH QIRA’AH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4315


Refbacks

  • There are currently no refbacks.