Pendidikan Islam dalam UU SISDIKNAS No 20 Tahun 2003

Ilham Tompunu, Muhammad Sujai, Nana Rohana, St. Rajiah Rusyidi

Abstract


Demografi pelajar muslim di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan, menuntut perlunya adopsi paradigma baru dalam sistem pendidikan. Pentingnya totalitas kebijakan pemerintah terhadap pendidikan Islam menjadi krusial untuk dikembangkan di lingkup pendidikan negeri. Diperlukan implementasi kurikulum yang seimbang untuk memenuhi kebutuhan pelajar muslim dalam proses pembelajaran, serta perhatian khusus terhadap sarana, prasarana, dan tenaga pendidik agar proporsional dengan jumlah pelajar. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pendidikan Islam dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, dengan jenis penelitian kepustakaan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan terhadap literatur-literatur yang membahas pendidikan Islam dan UU Pendidikan atau UU Sisdiknas. Melalui teknik pengumpulan data dan analisis deskriptif kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: (1) Pendidikan Islam harus tetap eksis dalam ruang lingkup pendidikan nasional, dan (2) UU Sisdiknas memberikan jaminan terhadap keberadaan pendidikan Islam. Perkembangan ini menunjukkan urgensi peningkatan peran dan dukungan bagi pendidikan Islam di Indonesia

Keywords


Pendidikan Islam, UU SISDIKNAS, Implementasi UU Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anis Fauzi dan Siti Mitahul Khoiriyah, Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu – Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 13, No. 2 (2018)

Charles L. Cochran and Eloise F. Malone, Public policy, (Boulder: Lynne Rinner Publisher, 2014).

Esa Putra dan Aman Aman, “Quality Analysis of Feasibility of Contents of Class XI High School History Text Published by Erlangga, Grafindo, and Yudhistira Curriculum 2013,” 2020,

Fathul Jannah, Pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional, Vol. 13, No. 2 (2013)

Jalaludin, Pendidikan Islam: Pendekatan Sistem dan Proses, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016, hal. 141.

Lukis Alam, Islamic Education Policy Contestation in the Era of The New Order and the Reformation, Ruhama: Islamic Education Journal, Vol. 3, No. 2, 2020,

Mohamad Johdi Saleh, The Integrated Islamic Education: Principles And Needs For Thematic Approaches, Singapore: Singapore Islamic Education System, 2009,

Nuraini, Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Islam, Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam, Vol. No. 1, 2020,

Pewangi, M., Ferdinan, F., Alamsyah, A., & Pratama, S. (2022). Evaluasi Program Penjaminan Mutu Standar Isi Pembelajaran Pada Tahapan Masukan (Antecedents)(Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluatif di Universitas Muhammadiyah Makassar). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 97-114.

Syarifah Rahmah, Pendidikan Bagi Perempuan: Suatu Analisis Dalam Perspektif Islam, (Medan: CV. Pusdika Mitra Jaya, 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.