Hakikat Manusia (Anak Didik) Sebagai Manusia Pedagogik (Fitrah Sebagai Potensi Dasar, Pendengaran, Penglihatan Dan Hati Sebagai Instrumen Pembelajaran)

Zulfah Zulfah, St. Rajiah Rusydi, Husnussaadah Husnussaadah

Abstract


Hakikat manusia dalam Islam dipandang sebagai makhluk yang unik, diberkati dengan kecerdasan, potensi, dan fitrah yang tulus. Konsep fitrah mengacu pada kecenderungan alami manusia untuk mencari dan mengenal Sang pencipta serta mengejar kebaikan dan kebenaran.

Pemahaman akan hakikat manusia dan konsep fitrah menjadi landasan sangat penting. Pendidikan harus melibatkan pembangunan integral individu yang mencakup aspek fisik, intelektual, emosional dan spiritual sehingga fitrah yang dianugerahkan Allah dapat dikembangkan secara maksimal.

Dengan memanfaatkan kekuatan indera baik berupa pendengaran, penglihatan dan hati instrument pembelajaran dapat menjadi lebih baik, menarik, relevan dan efektif dalam membantu anak didik memahami dan mengingat informasi dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Karim

Afrida, A. Hakikat Manusia dalam Perspektif Al-Quran. Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Hukum Islam, , 2018. 16(2), 54–59.

Ahmadi, Ahmad. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Alam, Ahmad Nur. Implikasi Term Bani Adam Pada Tujuan Pendidikan Qur’ani, Jurnal Inovasi Penelitian, 198), 2021.

Alam, Lukis.“Perspektif Pendidikan Islam Mengenai Fitrah Manusia.” Tarbawi:Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2017.

Burga, M. A. Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik. Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, 1(1), 2019.

Cahyadi. Rahmat Arofah. Telaah Hakikat Manusia Dan Relasinya Terhadap Proses Pendidikan Islam. Adabiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2015.

Hitami, Munzir. Mengonsep Kembali Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS, 2004.

Idris, S., & Tabrani, Z. A. Realitas konsep pendidikan humanisme dalam konteks pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 2017.

Nashori, Fuad. Psikologi Sosial Islami. (Bandung: PT Refika Aditama, 2008.

Shihab, Quraish, Wawasan al-Qur’an: Tafsir Maudhu’I atas Pelbagai Persoalan Umat, Cet. III, Jakarta: Mizan, 1996.

Sulaiman, Moh. Slamet Ibnu. “Manusia Sebagai Makhluk Pedagogik: Pandangan Islam dan Barat.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017.

Syafei, I. Hakikat Manusia Menurut Islam. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, . (2013). 6(1), 743–755.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.