Pengaruh Desain Alur Pembelajaran ADLX (Active Deep Learner Experience), Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa di SDIT Ikhtiar Makassar

Rosdiana Syamsuddin, Sumiati Sumiati, Syahruddin Yasen

Abstract


Penelitian   ini  bertujuan  untuk  mengetahui dan menganalisis Pengaruh Desain pembelajaran ADLX                 ( Active Deep Learner Experence), Kompetensi Guru, dan Budaya Sekolah terhadap Karakter.penelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Ikhtiar Makassar, menggunakan metode survey dengan teknk korelasional. Uji coba dianalisis dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan Uji reabilitas menggunakan test Alpha Cronbach. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov  dan uji linearitas regresi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korlasi sederhana, korelasi berganda serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linear dan ganda. Dalam penelitian ini, Siswa sejumlah 100 orang dan guru 30 orang sample yang dipilih. Hasil Penelitian menemukan bahwa 1) Desain pembelajaran ADLX memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai desain pembelajaran ADLX maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 2) Kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai kompetensi guru maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 3) Menunjukkan bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang positif artinya setiap terjadi peningkatan nilai budaya sekolah maka akan memberikan peningkatan pula pada karakter siswa sebesar , 4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara desain pembelajaran ADLX, kompetensi guru dan budaya sekolah terhadap karakter siswa dimana Fhitung sebesar 27,373 dengan F0,5;97;3 atau disebut dengan Ftabel sebesar 2,700 sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel .


Keywords


: Active Larning, Deep Learning, ADLX, Kompetensi Guru, Budaya sekolah, Karakter

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Karim dan Terjemahnya

Hadits, Syarah Hadits Arbain Imam Annawawi

Bahgat, Mohamed M., 2018, FIRST Framework. 5 Domains, 15 Principles, SeGa Group LLC,

Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI Daring https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Bahan Ajar Training Of Trainer (TOT) Implementasi Kurikulum 2013. Pendekatan Strategi Pembelajaran SD/SMP/SMA/SMK, Jakarta: Kemendikbud,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2020 , Jakarta: Kemendikbud

Kementrian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter 2010—2025

Maryama, Eva, 2016, Pengembangan Budaya Sekolah, Tarbawi, Vol. 2 No. 2

Muhab, Sukro., et al. 2017, Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu, Jakarta: JSIT Indonesia

Mustofo, 2017, Budaya Sekolah Islam (BUSI) Studi Kasus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 11 Nomor 2.

Nashih Ulwan, Abdullah, 2018, Pendidikan anak dalam Islam, Sukoharjo: Insan Kamil

Nasution, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara

Omeri,Nopan, 2015, Pentingnya Pendidikan Karakter dalam dunia Pendidikan, Manajer Pendidikan, Vol.9 No.3

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 tertuang Profil Pelajar Pancasila

Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018 , Nomor 37, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Rukhyati, Evy, dan Ahmad Muflihin, 2019, Pengaruh Penerapan Kurikulum Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDIT Permata Bunda, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2 No.2

Rusman, 2012, Model-Model Pembelajaran, Depok : Rajawali Press

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta

Sofyan, dkk, 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Surabaya : Jakad Publishing

Syafaruddin, 2005, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Ciputat : Ciputat Press Jakarta

Tafsir, Ahmad, 2011, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya

Tim Pengembang Konten POP JSIT, 2020, Knowledge Book Desain Alur Pembelajaran ADLX dengan pendekatan Terpadu, Jakarta

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang guru dan dosen

Zaenab, 2017, Strategi Taktis Pendidikan Karakter, Jakarta : Rajawali Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.