ANALISIS FAKTOR NORMA SUBJEKTIF TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR BERSAMA SAMSAT KABUPATEN PINRANG

Gusti Gusti, Mahmud Nuhung, abd Salam

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of subjective norms on motor vehicle taxpayer compliance. the type of research used in this study is quantitative descriptive analysis.The analysis method used in this research is inductive, deductive, and cumulative analysis methods. Based on the results of an analysis of the influence of subjective norms, several factors were found to be factors for motor vehicle taxpayer compliance.From the results of the analysis of the influence of subjective norms on taxpayer compliance based on measurements using the cumulative frequency of subjective norms shows that the items on the questionnaire have an effect on taxpayer compliance, which is a factor of taxpayer compliance is also caused by good service quality, because it has fulfill several dimensions of service. So that in this study subjective norms are stated to have a positive effect on taxpayer compliance.


Full Text:

PDF

References


Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Pelayanan. Yogyakarta: Badan Penerbit

Fakultas Ekonomi Yogyakarta.

Amanda R siswanto putri.I ketut jati. 2012. Factor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor di denpasar. Journal.Vol 2 no 3.(https://ojs.unud.ac.id/ diakses 10 januari 2018).

Arya Yogatama 2014. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi

kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi di wilayah kpp pratama semarang candisari).Skripsi. Fakultas ekonomika dan bisnis universitas diponegoro semarang. http://repository.uinjkt.ac.id/ diakses 8 maret 2018).

Fery istanto. 2010. Analisis pengaruh pengetahuan tentang pajak, kualitas pelayanan pajak, ketegasan sanksi perpajakn dan tingkat pendidikan terhadap motivasi wajib pajak dalam membayar pajak. journal. (http://repository.uinjkt.ac.id/ diakses 10 januari 2018).

I Wayan Mustika Utama 2012.Pengaruh kualitas pelayanan, sanksi

perpajakan dan biaya kepatuhan terhadap kepatuhan wajib pajak.journal. (http://repository.uinjkt.ac.id/ diakses 8 maret 2018).

Made adi mertha prabawa 2012.Pengaruh kualitas pelayanan dan sikap wajib pajak terhadap kepatuhan pelaporan wajib pajak orang pribadi di kantor pelayanan pajak pratama badung utara. Journal.Vol 1 no 2.(https://ojs.unud.ac.id/ diakses 10 januari 2018.

Mahdi dan windi ardianti 2015. Pengaruh kesadaran wajib pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada kantor pelayanan pajak pratama banda aceh.Journal.Vol 3 no 1.(ojs.serambimekkah.ac.id/ diakses 09 januari 2018.

Mardiasmo. 2016, Perpajakan: edisi terbaru 2016, Yogyakarta: Andi.

Mira, andi arman, amran, mellysah, dan ismail.(2017). Praktikum pajak, penerbit fakultas ekonomi dan bisnis.universitas muhammadiyah makassar.

Rahayu Siti Kurnia. 2010. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal.Yogyakarta: Salemba Empat.

Rochmat soemitro, 2012 dasar-dasarperpajakan, Edisi 6, Salemba Empat.

Rustiyaningsih Sri. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan WajibPajak. Widya Warta, No.02 Tahun XXXV, ISSN 0854-19981.

Rati kusuma wardani sagita. 2017. Pengaruh normah subjektif dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak kendraan bermotor pada kantor SAMSAT kota makassar. Makassar: Program sarjana Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Samudra Azhari Aziz. 2015. Perpajakan Indonesia: Keuangan, Pajak Daerah danRetribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanusi. 2011. Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Bandung:

Alfabeta.

Sugoyono, 2012.Metode penelitian pendidikan.Alfabeta : Bandung

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Perubahan keempat atas Nomor 16 Tahun 1983 tentang ketentuan umum dan cara perpajakan. Jakarta: Republik Indonesia.

Undang-undang republik indonesia nomor 28 tahun 2009 tentang perubahan ketiga atas undang-undang nomor 6 tahun 1983 tentang.

Verisca dena fitria 2010. Pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan dan kesadaran terhadap kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan surat pemberitahuan (SPT). Journal.(http://repository.uinjkt.ac.id/ diakses 12 januari 2018).

Waluyo. 2011. Perpajakan Indonesia Edisi10 Buku 1, Penerbit Salemba

Empat,Jakarta.

Yogiyanto. 2009. Sistem Informasi Keperilakuan, Edisi Revisi. Yogyakarta:Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.26618/inv.v1i2.2512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter