Pengaruh Media Sosial terhadap Gaya Hidup Peserta Didik Di Mts Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar

Dita Wahyuni, Amirah Mawardi

Abstract


Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan media sosial peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar. (2) untuk  mengetahui  gaya hidup peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar.(3)untuk  mengetahui apakah ada pengaruh  penggunaan media sosial terhadap gaya hidup peserta didik di MTs Lembnag Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kepulauan Selayar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 72 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa yang diperoleh dari teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pengamatan, wawancara, kuesioner atau angket, dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis ini membuktikan bahwa media sosial memiliki pengaruh  terhadap gaya hidup  peserta didik di MTs Lembang Bau Desa Bonea Timur Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar dengan pengaruh sebesar 87,09  dihasilkan dari perhitungan yang  menggunakan rumus regresi sederhana  dan juga variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat sebesar 75,85% yang diperoleh dari perhitungan  koefisien determinasi.

Kata kunci : Media sosial; Gaya Hidup dan peserta didik

Full Text:

PDF

References


Al- Quran dan terjemahan

Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal.

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. Pilar, 11(1).

Azwar, S. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar ,2009) h .109

Is, S. S., & Malli, R. (2022). Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21. FIKROTUNA, 15(01).

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan ,(Bandung pustaka setia, 2011), h,183

Maolani.rukaesih dan cahyana.lucu, Metodologi Penelitian Pendidikan,(Jakarta: rajawali pers, 2016), h. 154

Muslimin, A. A., & Idawati, I. (2022). Dinamika Sosial dalam Pembelajaran IPS di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Peserta Didik. Gema Wiralodra, 13(1), 198-214.

Pewangi, M., Ferdinan, F., Alamsyah, A., & Pratama, S. (2022). Evaluasi Program Penjaminan Mutu Standar Isi Pembelajaran Pada Tahapan Masukan (Antecedents)(Suatu Pendekatan Model Stake’s Countenance Evaluatif di Universitas Muhammadiyah Makassar). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 97-114.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D ( cet, 23 , bandung: alfabeta, 2016),h81

Sugiyono, (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D bandung alfabeta.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R dan b ( cet, 23; bandung: alfabeta, 2016).h 39

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D (cet, 23:Bandung: alfa beta, 2016) h. 61


Refbacks

  • There are currently no refbacks.