Pola Asuh Ibu Rumah Tangga yang Berkarir dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone

Indhi Fatihah Sari, Sumiati Sumiati

Abstract


Pola asuh adalah pola pengasuhan orangtua terhadap anak, yaitu orangtua memperlakukan anak, mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan sampai dengan membentuk perilaku anak sesuai dengan norma dan nilai yang baik serta sesuai dengan kehidupan masyarakat. Mengenai Pola Asuh Ibu Rumah Tangga yang Berkarir dalam Membentuk Karakter Religius Anak di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. pola asuh yang diterapkan ibu rumah tangga yang berkarir adalah pola asuh otoriter, permisif, demokratis dan situasional. Karakter religius anak di Desa Cenrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone berbeda-beda, yang menerapkan pola asuh otoriter dan permisif tidak dapat membentuk karakter religius anak sedangkan yang menerapkan pola asuh demokratis dan situasional dapat membentuk karakter religius anak. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat pola asuh ibu rumah tangga yang berkarir dalam membentuk karakter religius anak di Desa Canrana Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Faktor pendukung yaitu: lingkungan yang baik, komunikasi yang baik, pendidikan orangtua dan keteladanan orangtua. Faktor penghambat yaitu: kesibukan orangtua dan keadaan keluarga.

Kata Kunci: Karakter Religius; Pola Asuh

Full Text:

PDF

References


dawiah, R. 2017. Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).

Alquran Al Karim.

Arikuntoro, Suharsimi, 2013, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Asriaty, A., 2014, Wanita Karir dalam Pandangan Islam. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 7(2).

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. PILAR, 11(1).

Fattah, A., & Akbar, A. (2019). Strategi Dakwah Islamiyah Dalam Menumbuhkan Pemahaman dan Pengamalan Ajaran Islam. JURNAL AL-NASHIHAH, 3(02), 74-89.

Helmawati, 2016, Pendidikan Keluarga, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Jalaluddin, 2016, Psikologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kesuma, Dharma, dkk, 2013, Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maimun, Agus dan Agus Zainul Fitri, 2010, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang: UIN- Maliki Press.

Margono, 2010, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mawardi, A., Nurhidaya, M., Ulviani, M., & Alamsyah, A. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter di Era Milenium Melalui Strategi The Nine Golden Habitsdi SMP Unismuh Makassar. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 12(2), 206-223.

Moleong, Lexy J. 2018, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nashir, A., & Salenda, S. (2020). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar. PILAR, 11(1).

Noor, Rohinah M, 2012, Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah, Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Suparlan, 2012, Mendidik Karakter Membetuk Hati, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryabrata, Sumadi, 2018, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo, Agus, 2013, Pendidikan Karakter Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.