Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di Sman 2 Jeneponto
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk pembinaan kepribadian siswa di SMAN 2 Jeneponto (2) untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pembinaan kepribadian siswa di SMAN 2 Jeneponto (3) untuk mengetahui Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kepribadian Siswa di SMAN 2 Jeneponto. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data, dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Istrumen penelitian yang di gunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang di gunakan yaitu tehnik analisis sebelum di lapangan dan tehnik selama di lapangan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Bentuk Pembinaan kepribadian siswa ada berbagai macam, contohnya seperti Rohis, Paskibraka, Pramuka, Bela diri dan lain-lain. Sedangkan untuk pelaksanaan pembinaan kepribadian, dapat melakukan pendekatan, dan mendisiplinkan siswa. 2. beberapa kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran PAI di sekolah, seperti kurangnya motivasi belajar, waktu yang terbatas dalam membina kepribadian siswa, adanya perilaku siswa yang menyimpang, seperti kurang disiplin, berpakaian ketat, tidak memperhatikan guru, tidak kondusif saat belajar, sebagian kecil siswa berperilaku buruk, sebagian kecil kurangnya kerjasama dari orang tua dan guru, murid yang bandel, sulit dinasehati. Sedangkan solusi guru dalam pembinaan kepribadian siswa yaitu adanya tempat atau sarana untuk membina kepribadian siswa, memotivasi siswa dengan memberikan motivasi belajar dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan namun tetap mengedukasi dan membina kepribadian anak supaya lebih baik, memberikan waktu lebih dalam membina kepribadian siswa. 3. Peran Pendidikan Agama Islam sangat penting di terapkan untuk generasi-generasi penerus bangsa, KarenaPendidikan Agama Islam adalah hal yang fundamental dalam proses pembinaan kepribadian siswa di sekolah dalam hal pembentukan ahklak, karakter serta budi pekerti untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, pengamalan, penghayatan serta pengalaman tentang Agama Islam sehingga menjadi siswa yang berkembang dalam keimanan, ketaqwaan, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikang yang lebih tinggi.
Kata Kunci: Kepribadian Siswa; Peran Pendidikan Agama IslamFull Text:
PDFReferences
Abd. Halim Soebahar. 1992. Wawasan Baru Pendidikan Islam, (Pasuruan: PT. Groeda Buana Indah
Abd. Majid dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosda Karya
Abdurrahman Fathoni, 2006 Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Achmadi, 2005. Ideologi pendidikan Islam Paadigma humnaisme teosentris, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ahmad D. Marimba, 1986. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam Bandung: Al Ma’arif, An-Nahlawy dalam ahmad tafsir, ilmu pendidikan dalam prerspektif islam, bandung : rosda karya.
Al-Qur’an dan Terjemahannya Depertemen Agama RI. Jakarta: Darus Sunnah, 2003
Arikunto, Suharsimi. :2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek, ,Jakarta. PT. Rineka Cipta
Departemen Agama RI ’’Al-Qur’an dan Terjemahannya’’ Bandung, Syaamil Quran, 2011.
Depdiknas,2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Bandung:Citra Umbar.
Drs Ahamd D. Marimba. Pengantar Filsafat Pendidikan Isla
Ibnu Hadjar, 1999 Dasar-dasar Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Jalaluddin dan Usman Said, 1999 Filsafat Pendidikan Islam, Konsep dan Perkembangan . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Jaya, I. S., & Malli, R. (2019). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. PILAR, 10(2).
Lexy J. Moleong, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
M. Arifin, 2005. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta : PT. Bumi Aksara,
Moh. Uzer, Usman. (2016). Karakter Guru Profesional: Melahirkan Murid Unggul Untuk Menjawab Tantangan Masa Depan.
Muhaimin dan Abdul Mujib, , 1993 Pemikiran Pendidikan Isslam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: PT. Trigenda Karya,
Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Muhammad Fadhil al-Jamily, Filsafat Pendidikan dalam Alquran, (Cet. I; Surabaya: Bina Ilmu, 1986)
Mulyasa, 2007, Menjadi Guru profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,)
Muslimin, A. A., & Sijal, M. (2020). ISTIQRA'PERILAKU SOSIAL BERAGAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI INDONESIA. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(1).
Oemar Hamalik, Pendidikan Guru berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Bandung: Bumi Aksara.2002).
Pewangi, M., & Satriani, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02), 132-147.
Restu Kartiko Widi, Asas Metodologi Penelitian: Sebuah Pengenalan dan Penuntun Langkah Demi Langkah Pelaksanaan Penelitian, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010)
Simajuntak,B,I,L Pasaribu, Membina dan mengembangkan generasi muda (Bandung:Tarsito,1990).
Sofan Amri, Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah,(Jakarta: Prestasi Pustaka,2013).
Sudarmin, S., Muslimin, A. A., & Rosleny, B. (2020). Analisis Implementasi Program Sekolah Model dalam Penguatan Nilai Sosial pada Siswa di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 163-173.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2007)
Syahminan Zaini, Prinsip-prinsip Dasar Konsepsi Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 1986)
Trianto, Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Cet. XIV; Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1993)
Zuhairini, dkk., Metodik Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya : Usaha Nasional, 1981)
Refbacks
- There are currently no refbacks.