Efektivitas Pembiasaan Tadarus Alquran Pada Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penndidikan Agama Islam Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu

Rafidah Nur Qalbi

Abstract


Setelah peneliti mengamati fakta-fakta dilapangan serta argumen-argumen hasil wawancara, memberi penjelasan bahwa pembiasaan tadarus Alquran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VI sudah cukup efektif. Sekalipun begitu tetap saja akan ada hambatan-hambatan yang dialami guru dalam proses pembelajaran yang akan kita bahas selanjutnya. Terdapati  tigai  faktori  penghambati  yangi  penelitii  temukani  dalami  hasili  wawancarai  dii  atasi  berkaitani  dengani  efektifitasi  pembiasaani  tadarusi  Alqurani  padai  matai  pelajarani  Pendidikani  Agamai  Islam.i  Faktori  yangi  pertamai  adalahi  darii  pengaruhi  negatifi  darii  kemajuani  teknologii  sehinggai  mengambili  sebagiani  waktui  parai  pesertai  didiki  kelasi  VIi  untuki  mendarasi  pedomani  hidupnyai  yaknii  kitai  sucii  Alquran.i  Keduai  adalahi  belumi  diperadakannyai  Pembinai  khususi  yangi  menanganii  pembiasaan-pembiasaani  khususnyai  BTQi  dani  hafalani  yangi  mumpuni.i  Faktori  yangi  ketigai  adalahi  kurangnyai  kontroli  dani  kesadarani  orangtua/walii  untuki  memfollowi  upi  pengajarani  yangi  pesertai  didiki  dapatkani  dii  sekolah

Kata Kunci: Efektivitas Pembiasaan Tadarus; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Al Hafizh, Ahsin W., 2006, Kamus Ilmu Alquran, Jakarta: Amzah.

Alquran dan Terjemahan.

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Arief, Armai, 2003, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Assa’idi, Sa’dullah, 2013, Pemahaman Tematik Alquran, Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).

Az Za’balawi, M.Sayyid Muhammad, 2007, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani.

Barnawi, Novan Ardy Wiyanidan, 2016, Ilmu Pendidikan Islam Rancangan Bangun Konsep Monokotomik-Holistik, Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Bastaman, Hanna Junhana, 2004., Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Daryanto, 1997, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.

Eldeeb, Ibrahim, 2009, Be A Living Alquran Petunjuk Praktis Penerapan Ayat-ayat Alquran dalam Kehidupan Sehari-hari, Terj. Faruq Zaini, Lentera Hati.

Is, S. S., & Malli, R. (2022). Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21. FIKROTUNA, 15(01).

Khodijah, Nyanyu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Khon, Abdul Majid, 2011, Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash, Jakarta: Amzah.

Muchtar, Heri Jauhari, 2005, Fikih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin dkk., 2002, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2011, Menejemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Musbikin, Imam, 2018, Mutiara Alquran dan Khazanah Ilmu Tafsir dan Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nashir, A., Rahmah, R., & Ridha, A. A. (2020). Peran Remaja Masjid Raodatul Jannah di Tpa An-Nur Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. PILAR, 11(2), 101-110.

Nasiruddin, 2009, Cerdas Ala Rasulullah, Yogyakarta: A+Plus Books.

Nasrullah, 2012, Lentera Qur’ani, Malang: UIN Maliki Press.

Nawawi, Imam, 1994, Etika mempelajari Alquran, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

NU Online “Inilah tiga metode bacaan Alquran”, http://www.nu.or.id/post/read/78859/inilah-tiga-metode-baca-Alquran, diakses 17 Desember 2021

Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Bramma Aji, 2010, Berpuasa Sunnah Senikmat Puasa Ramadhan, Yogyakarta: Wahana Insani.

Rachmawati, Tutik, 2015, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Sholichah, Eva Mawaddatus, 2017, Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-quran (Sebelum Pembelajaran) Pada Kecerdasan Spiritual Siswa, Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Supriyanto, Agus, 2010, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suralaga, Fadhilah & Solicha, 2010, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jkt.

Syah Muhibbin, 2003, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarifuddin, Ahmad, 2010, Mendidik Anak Membaca Menulis dan Mencintai Al-quran, Jakarta: Gema Insani.

Tanjung, M. Azrul dkk., 2015, Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Menemukan Kembali Otentisitas Gerakan Muhammadiyah, Yogyakarta: Ahmad Dahlan Press.

Yasyin, Sulchan, 2000, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah.

Yunus, Muhammad, 1988, Metodik khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Aida Karya.

Zuhairini, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.