Efektivitas Pembiasaan Tadarus Alquran Pada Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penndidikan Agama Islam Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Wiwitan Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu
Abstract
Setelah peneliti mengamati fakta-fakta dilapangan serta argumen-argumen hasil wawancara, memberi penjelasan bahwa pembiasaan tadarus Alquran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VI sudah cukup efektif. Sekalipun begitu tetap saja akan ada hambatan-hambatan yang dialami guru dalam proses pembelajaran yang akan kita bahas selanjutnya. Terdapati tigai faktori penghambati yangi penelitii temukani dalami hasili wawancarai dii atasi berkaitani dengani efektifitasi pembiasaani tadarusi Alqurani padai matai pelajarani Pendidikani Agamai Islam.i Faktori yangi pertamai adalahi darii pengaruhi negatifi darii kemajuani teknologii sehinggai mengambili sebagiani waktui parai pesertai didiki kelasi VIi untuki mendarasi pedomani hidupnyai yaknii kitai sucii Alquran.i Keduai adalahi belumi diperadakannyai Pembinai khususi yangi menanganii pembiasaan-pembiasaani khususnyai BTQi dani hafalani yangi mumpuni.i Faktori yangi ketigai adalahi kurangnyai kontroli dani kesadarani orangtua/walii untuki memfollowi upi pengajarani yangi pesertai didiki dapatkani dii sekolah
Kata Kunci: Efektivitas Pembiasaan Tadarus; Prestasi BelajarFull Text:
PDFReferences
Al Hafizh, Ahsin W., 2006, Kamus Ilmu Alquran, Jakarta: Amzah.
Alquran dan Terjemahan.
Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Arief, Armai, 2003, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Assa’idi, Sa’dullah, 2013, Pemahaman Tematik Alquran, Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). POLA PEMBINAAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR. PILAR, 11(1).
Az Za’balawi, M.Sayyid Muhammad, 2007, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani.
Barnawi, Novan Ardy Wiyanidan, 2016, Ilmu Pendidikan Islam Rancangan Bangun Konsep Monokotomik-Holistik, Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Bastaman, Hanna Junhana, 2004., Integrasi Psikologi dan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto, 1997, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, Surabaya: Apollo.
Eldeeb, Ibrahim, 2009, Be A Living Alquran Petunjuk Praktis Penerapan Ayat-ayat Alquran dalam Kehidupan Sehari-hari, Terj. Faruq Zaini, Lentera Hati.
Is, S. S., & Malli, R. (2022). Peranan TK/TPA Binaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sinjai dalam Mempertahankan Budaya Kearifan Lokal Baca Tulis Alquran “Mallepu” di abad 21. FIKROTUNA, 15(01).
Khodijah, Nyanyu, 2014, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.
Khon, Abdul Majid, 2011, Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari Hafash, Jakarta: Amzah.
Muchtar, Heri Jauhari, 2005, Fikih Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin dkk., 2002, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2011, Menejemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Musbikin, Imam, 2018, Mutiara Alquran dan Khazanah Ilmu Tafsir dan Alquran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nashir, A., Rahmah, R., & Ridha, A. A. (2020). Peran Remaja Masjid Raodatul Jannah di Tpa An-Nur Kelurahan Talaka Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. PILAR, 11(2), 101-110.
Nasiruddin, 2009, Cerdas Ala Rasulullah, Yogyakarta: A+Plus Books.
Nasrullah, 2012, Lentera Qur’ani, Malang: UIN Maliki Press.
Nawawi, Imam, 1994, Etika mempelajari Alquran, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
NU Online “Inilah tiga metode bacaan Alquran”, http://www.nu.or.id/post/read/78859/inilah-tiga-metode-baca-Alquran, diakses 17 Desember 2021
Purwanto, 2009, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra, Bramma Aji, 2010, Berpuasa Sunnah Senikmat Puasa Ramadhan, Yogyakarta: Wahana Insani.
Rachmawati, Tutik, 2015, Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Sholichah, Eva Mawaddatus, 2017, Pengaruh Pembiasaan Membaca Al-quran (Sebelum Pembelajaran) Pada Kecerdasan Spiritual Siswa, Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Supriyanto, Agus, 2010, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suralaga, Fadhilah & Solicha, 2010, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jkt.
Syah Muhibbin, 2003, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Syarifuddin, Ahmad, 2010, Mendidik Anak Membaca Menulis dan Mencintai Al-quran, Jakarta: Gema Insani.
Tanjung, M. Azrul dkk., 2015, Muhammadiyah Ahmad Dahlan. Menemukan Kembali Otentisitas Gerakan Muhammadiyah, Yogyakarta: Ahmad Dahlan Press.
Yasyin, Sulchan, 2000, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amanah.
Yunus, Muhammad, 1988, Metodik khusus Pendidikan Agama, Jakarta: Aida Karya.
Zuhairini, 1983, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.