Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Di Man 2 Kota Makassar

Wahdini Nur Mulyadi, Rusli Malli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting terhadap Hasil Belajar Peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. Adapun jenis penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan expo facto. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu; Observasi, angket (kusioner) dan dengan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu; Analisis deskriptif, Uji normalitas, Uji linearitas, Uji hipotesis dan Uji korelasi. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas XI MIPA 6 dan menggunakan sampel jenuh maka sampel penelitian ini keseluruhan dari jumlah populasi yaitu kelas XI MIPA 6 dengan jumlah pserta didik sebanyak 46 orang. Hasil penelitian yang diperoleh terkait pengaruh penggunaan aplikasi zoom cloud meeting terhadap hasil belajar peserta didik di man 2 kota makassar, yaitu : (1) penggunaan aplikasi zoom cloud meeting peserta didik kelas MIPA 6 di MAN 2 Kota Makassar termasuk dalam kategori sedang, dengan 27 sampel peserta didik dan presentase sebesar 58,69 %, (2) Hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 6 pada mata pelajaran fiqih di MAN 2 Kota Makassar juga berada pada kategori sedang dengan jumlah 33 sampel, nilai interval 84-94 dan presentase 71,73 % yang berarti memiliki nilai yang baik, (3) Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi zoom cloud meeting terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 2 Kota Makassar yang dilihat dari hasil uji hipotesis. Adapun hasil uji thitung  = 3,019 sedangkan ttabel = 2,015 artinya nilai thitung 3,019 > ttabel 2,015 sedangkan nilai signifikan yang diperoleh ialah nilai sig, 0,004 < 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh antara variabel (x) penggunaan aplikas zoom cloud meeting terhadap variabel (y) hasil belajar peserta didik kelas XI  mata pelajaran  fiqih  di MAN 2 Kota Makassar.

Kata Kunci: Aplikasi Zoom Cloud Meeting; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


, 2020 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, Dan R&D. Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Al-Qur’an Al Karim

Assyari, 2020. dkk. Cakap Dan Kreatif Mendidik. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Firdaus, A. M. PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN GASING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 13 MAKASSAR.

Hermawan, Iwan, 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Method, Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.

Kementrian Agama RI, Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung, Sygma Examedia Arkanleema.

Martini, Made, dkk, 2021. Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar Dan Kampus Merdeka Di Pendidikan Tinggi. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Mawardi, A., Nurhidaya, M., Ulviani, M., & Alamsyah, A. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter di Era Milenium Melalui Strategi The Nine Golden Habitsdi SMP Unismuh Makassar. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 12(2), 206-223.

Monica, Janita dan Dini Fitriawati, 2020. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19” Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol IX. No. 2.

Mukhtazar, 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan, Yogyakarta : Absolute Medis.

Ningsih, Yulita Futria, dkk, 2021. Fiqih Ibadah, Bandung: Media Sains Indonesia,

Rahman, S. N. A., Fajrin, S. N., & Firdaus, A. M. (2021, January). The Problematics of Learning Through Online the Impact of Covid-19. In The 1st International Conference on Research in Social Sciences and Humanities (ICoRSH 2020) (pp. 968-973). Atlantis Press.

Saepul, Asep Hamdi dan E. Baharuddin, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan, Yogyakarta : Deepublish.

Setiawan, Firman dan Aldila Septiana, 2019. Buku Ajar Studi Fiqh, Jawa Timur: Duta Media Publishing.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wiyono,Gendro, 2011, Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0, Yogyakarta: STIM YKPM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.