Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi dilakukan melalui daring karena hal tersebut yang dapat dilakukan sekarang dalam situasi pandemi covid-19 pembelajaran juga lebih menggunakan aplikasi whatsaap dan melalui aplikasi tersebut guru selalu memberikan beberapa tugas untuk siswanya kemudian siswa juga mengirim kembali hasil dari tugas yang diberikan .2) Mutu pembelajaran saat pandemi sangat jelas mengalami penurunan , karena tidak dilakukan secara maksimal 100% disekolah dan harus dilakukan melalui jaringan atau online. 3) Peranan guru Pendidikan Agama Islam ada beberapa hal yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan Membuat grup whatsaap antara guru dan siswa yang bertujuan untuk memberikan informasi terkait pembelajaran seperti materi ajar dan tugas, Memberikan motivasi semangat belajar kepada siswa, karena semangat siswa yang sangat menurun untuk melakukan pembelajaran terlebih dimasa pandemic, Selalu mengontrol perkembangan siswa dalam pembelajaran contohnya guru selalu bertanya terkait pemahaman siswa terhadap materi yag diberikan, Memberikan evaluasi kepada siswa seperti kuis rebutan didalam grup whatsapp. Ini bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan membangun komunikasi dengan orangtua siswa.
Kata Kunci: Gambaran Mutu; Peranan Guru PAI, Prose; Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah Nasih Ulwan. 2018, Pendidikan Anak Dalam Islam,Cet.10,Solo: Insan Kamil.
Ahmadi Abu. 1991, Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi Ruslan. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: ar-Ruzz Media.
Ali L. 1996, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Arifa, F.N. 2020, Tantangan Pelaksanaa Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Covid.
Arikunto. 2010, Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo.
Basyiruddin, Usman, 2002, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.
Daryanto. 2013, Inovasi Media Pembelajaran Efektif, Bandung: Yrama Widya;
Departemen Agama Islam Republik Indonesia, Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: PT Suara Agung, 2018.
Gene L, Wilkinson. 1984, Media dalam Pembelajaran,Jakarta; CV Rajawali.
Hapsah, S.Ag, Guru Mata Pelajaran Agama Islam , Wawancara , Kabupaten Luwu Timur, 14 Mei 2022.
Is, S. S. (2017). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membiasakan Siswa Shalat Berjama’Ah. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2 (01), 33–42.
Khafiyya, N. A., Sijal, M., & Nurhidaya, M. (2022). KONSEP MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG PENDIDIKAN KEIMANAN PADA ANAK. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 2(01), 41-63.
Mahmud. 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Muchtar, M. I., & Asniati, A. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Pernikahan Masyarakat Kajang Bulukumba. EDUCANDUM, 6(1), 153-165.
Nadra fl, Tata Usaha SMPN Satap Matano, Wawancara, Kabupaten Luwu Timur,09 Mei 2022.
Nasution. 2012, Metode Research,Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhasan. 1994, Faktor-faktor yang mempengaruhi Mutu Pendidikan, Jakarta: PT Sindo.
Rachma Fika Dewi. 2019, Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan kualitas pembelajaran Pembelajaran pada Mata pelajaran Aidah akhlak, Sidoarjo.
Ramayulis. 2002, Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, Jakarta, Ruzz Media.
Samiudin. (2016). Peran metode untuk mencapai tujuan pembelajaran. Studi Islam.
Subagyo Joko. 2004, Metode Penelitian, Jakarta: CV Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005, Memahami Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Syahraini Tambak,M.A. 2014, Pendidikan Agama Islam; Konsep metode pembelajaran PAI, Yogyakarta:Graha Ilmu.
Syaodiah Nana Sukmadinata, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Remaja, Rosdakarya.
Wawancara Siswa SMPN Satap Matano , Kabupaten Luwu Timur, 14 Mei 2022.
Zamroni. 2007, Meningkatkan mutu sekolah, (Jakarta:PSAP Muhammadiyah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.