EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE HALAQAH UNTUK PENINGKATAN KUALITAS HAFALAN AL QUR’AN KELAS VII DI SMP ADDARAEN MAKASSAR
Abstract
Efektivitas metode halaqah dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an Kelas VII di SMP Addaraen Makassar, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat program hafalan Al Qur’an melalui metode halaqah kelas VII di SMP Addaraen Makassar dan untuk mengetahui bagaimana upaya untuk mengefektivkan program hafalan Al Qur’an melalui metode halaqah kelas VII di SMP Addaraen Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif karena mengutamakan data tentang efektivitas pelaksanaan program hafalan Al Qur’an melalui metode halaqah. Oleh karena itu teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas metode halaqah untuk meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an kelas VII di SMP Addaraen Makassar cukup efektif, karena seorang siswa merasa mudah dalam proses menghafal. Adapun faktor pendukung dalam program hafalan Al Qur’an melalui metode halaqah yaitu faktor siswa yang telah memiliki dasar Al Qur’an, faktor sekolah yang telah memberikan fasilitas mendukung program hafalan dan dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat program hafalan Al Qur’an melalui metode halaqah yaitu faktor siswa yang tidak memiliki dasar Al Qur’an, lingkungan yang mengganggu siswa dalam menghafal dan tidak adanya dukungan dari orang tua siswa. Adapun upaya untuk mengefektivkan program hafalan Al Qur’an, yaitu dengan memberikan fasilitas yang mendukung pembelajaran, meminta dukungan dari orang tua siswa dan menerapkan metode bimbingan yang menarik sehingga memberikan rasa senang dan mudah dalam menghafal Al Qur’an, diantaranya adalah metode halaqah itu sendiri.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, dan Pembinaan Shalat Berjama’ah Siswa
Full Text:
PDFReferences
Alqur’an al-Karim dan Terjemahnya.
Ainul Muhammad, 2019. Mengenal Al-Qur’an, professorkita. blogspot.com.
Al-Hafidz Ahsin W, 2005. bimbingan praktis menghafal Al-Qur’an,(Jakarta: Bumi Aksara)
Anwar Desi, , 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia)
Badwilan Ahmad Salim, 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur’an, Cet.II, (Yogyakarta: DIVA Press)
Baharuddin, 2010. Psikologi Pendidikan, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media)
Basalamah Muhammad Soleh, 1997. Pengantar Ilmu Al-Qur’an, (Semarang: Dina Utama Semarang)
B. Uno Hamzah, 2008. orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, (Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Bulletin Mihnah, 2014. Tantangan Huffadz di Dunia Kampus, (Surabaya)
Danisa Debora, 2022. Pengertian Instrumen Penelitian, jenis, dan contohnya (Detikjabar)
Departemen Agama RI, 2004. Al-Qur’an dan Terjemah, (Bandung: Jumanatul ‘Ali-Art)
Djamarah Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta)
https://almasoem.sch.id/keutamaan-keutamaan-bagi-para-penghafal-al-quran/
Ilyas Muhammad Fadly, 2017. Peranan Metode Wahdah Terhadap Prestasi Hafalan Santri Tahfizhul Qur’an Pesantren Darul Istiqamah Maros, (Kepustakaan UIN Alauddin Makassar)
Ismail Shalahudin, , 2018. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Scaffolding”, Jurnal Atthulab, Vol. 3, No. 2,
Khainnunijabah, 2020. Implementasi Kurikulum Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di Sekolah Alam Generasi Rabbani, (Malang: PT UIN Maulana Malik Ibrahim)
Ma’mun Muhammad Aman, 2018. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1.
Mardiati, S. (2021). Efektifitas Metode Halaqah Terhadap Kualitas Hafalan Alquran Siswa/i Di SD IT Al-Munadi Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
M.Nor Ichwan, 2001. Memasuki Dunia Al-Qur’an, (Semarang: Effhar Offset Semarang)
Mudasir, 2012. Desain Pembelajaran, Indragiri Hulu : STAI Nurul Falah.
Muhaimin, Suti’ah, dan Prabowo Sugeng Listyo, 2009. Manajemen Pendidikan, (Jakarta:.Kencana)
Munandar Aris, 2019. Hukum Menghafal Al-Qur’an, hamalatulquran.com.
Nawawi Syauqi Rif’at, 2011. kepribadian Qur’ani, (Jakarta: Amzah)
Prastowo Andi, 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perespektif Rancangan Penelitian,
(Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)
Purwanto M. Ngalim, 2013. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Rahman Marhali Abdur, 2019. Mahir tahsin, (Makassar: LTQ Wahdah Islamiyah)
Rosalina Iga, 2012. “Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan pada Kelompok Pijaman Bergulir di Desa Mantren Kec Karangrejo Kabupaten Madetaan”, Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1, No. 1.
Sa’dulloh, 2008. 9 cara praktis menghafal al-Qur’an,(Jakarta: Gema Insan I)
Slamet, 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Edisi Revisi (Jakarta: Rineka Cipta)
Sugiyono, 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan,(Bandung: Alfabeta)
Wahid Wiwi Alawiyah, 2014. Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, (Jogjakarta: DIVA Press)
Zaini Syahmina dan Kusuma Ananto Seta, 1986. Bukti-Bukti Kebenaran Al-Qur’an sebagai Wahyu Allah, (Jakarta: Kalam Mulia Jakarta).
Refbacks
- There are currently no refbacks.