PERAN GURU PAI DALAM PEMBINAAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DI SMPN 8 SELAYAR
Abstract
Tujuan Penelitian: untuk mengetahui peran guru PAI dalam membina sikap sopan santun siswa SMP Negeri 8 Selayar, faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam membina sikap sopan santun siswa SMP Negeri 8 Selayar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi dan objek penelitian yang digunakan bertempat di SMP Negri 8 Selayar. Fokus penelitian ini ialah Peran guru Pendidikan Agama Islam Pembinaan Sikap Sopan Santun Siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langka-langka reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa Pembinaan sikap sopan santun siswa terhadap guru di Sekolah berupapembinaan sikap sopan santun siswa dalam berbahasa dan berbicara dengan guru, pembinaan sopan santun berperilaku, berpapasan dengan guru, pembinaan sopan santun dalam berpakaian di lingkungan sekolah. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membina dan meningkatkan sikap sopan siswa di SMPN 8 Selayar diantaranya, dari Keluarga, teman sebaya dan warga sekolah.
Kunci: Peran Guru PAI, dan Sikap Sopan Santun
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahmat. (2010). Pengantar Pendidikan: Teori, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Manajemen Qolbun Salim.
Abdussalam, I. A. (2013). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja: Studi Kasus di SMK PGRI 2 Cimahi.
Almanshur,Fauzan, dan M. Djunaidi Ghony, 2016. Metode Penelitian Kualtatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Al-Qur’an surah Ali ‘imran (3 ) ayat 104 dan Teremahannya dengan Transliterasi, cetakan: Kemenag (2019)
Al-Qur’an surah An-Nahl (16 ) ayat 125 dan Teremahannya dengan Transliterasi, cetakan: Kemenag (2019)
Bustami, H., Gani, A., & Bahry, D. (1993). Dasar-dasar pokok pendidikan Islam / M . Athiyah Al- Tentang Kami (Cet. 7). Bulan Bintanf.
Darmaningtyas, pendidikan yang memiskinkan (Yogyakarta: Galang press, 2004)
Dawami, Badzli, pendidikan akhlak Bagi Siswa Terhadap Guru Dalam kitab Adabul Insan Karya Sayyid utsman Bin Abdullah bim Aqil Bim Yahya ( Jakarta, 2021
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI, 2007. Tentang Pendidikan
Fakultas Agama Islam, 2019. Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Cet-1 ; Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fakultas Agama Islam.2019 Panduan Penulisan Karya Ilmiah, Makassar https//lecture.id/arti-memperkuat/diakses pada Minggu 28 Februari pukul 22:00 Http://skrips HYPERLINK "http://skripsi/" HYPERLINK "http://skripsi/" HYPERLINK "http://skripsi/"HYPERLINK "http://skripsi/" HYPERLINK "http://skripsi/" HYPERLINK "http://skripsi/" HYPERLINK "http://skripsi/"i mahasiswa.blogspot.com/2009/11/menentukan-sumber-data.html (3 desember 2020)
Fitriana, S. (2019). Peran Kepribadian Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Analisis Kritis-Konstruktif ata Pemikiran Zakiah Daradjat). Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam Dengan Realitas, 4(2). http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/ HYPERLINK "http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/1798" HYPERLINK "http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/1798" HYPERLINK "http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/1798"1798
Hamidah Hanim. (2020). Peranan wanita dalam Islam dan Feminisme Barat. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan. Vol. 12 No. 2.
Hamzah, H., Tambak, S., & Ariyani, N. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan,14(1),https://doi.org/10.25299/alhikmah:jaip.2017.vol14(1).1528
Hasil observasi awal 2 Mei 2023
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran (H. Wijoyo (ed.)). Insan Cendekia Mandiri. https://doi.org/ HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2"10.33477 HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2"/bs.v HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2"2 HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2"i HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2" HYPERLINK "https://doi.org/10.33477/bs.v2i2"2.
Hakim Lukmanul, Ulasan Metode Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit,2013
Hidayat, R. (2016). Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia (C. Wijaya (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Https://www.pgri.sch.id/ HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"2021 HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"/ HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"09 HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"/ HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"18 HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/" HYPERLINK "https://www.pgri.sch.id/2021/09/18/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/"/apa-aa-sih-konsep-sekolah-unggulan/ diakses pada hari senin 22 Februari 2022 pukul 02:39
Ismail, & Muh. Ilyas. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/ HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"10.24252 HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"/lp. HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"2010 HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"v HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"13 HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"n HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"1 HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"a HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4" HYPERLINK "https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4"4
Kuswadi. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan Menurut Dr. E. Mulyasa, M.Pd.
Muhiddinur Kamal. (2019) Guru: Suatu Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: CV. Anugrah Utama Raharja.
Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian kualitatif, (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV.Alfabeta
Sukmawati Dian,(2017). Sopan Santun Dalam Bergaul. (Jakarta Timur:CV INDRADJAYA)
Syaepul Manan. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, XV(2), 1.
Syarifuddin, Pasha, N., & Mahariah. (2014). Ilmu pendidkan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat (E. Susanti (ed.). Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Timotius Kris H, 2017. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, (Yogyakarta: Andi).
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Cet I Jakarta; Asa mandiri).
Wahab, Muhbib Abdul, dan Abdul Rahman Shaleh, Jakarta 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam.
Warkitri, dkk, 1998. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, (Jakarta: Universitas Terbuka).
Yunus Muhammad, Metodologi Pembelajaran Agama Islam.
Zain dan Djamarah, 2002. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta).
Zakiah Daradjat, (2000), ilmu jiwa agama, jakarta: pustaka antara
Zuhairini, dkk, 2009. Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara).
Refbacks
- There are currently no refbacks.