EFEKTIVITAS METODE IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN TILAWAH AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPA AL IKHLAS CENDRAWASIH MAKASSAR

Nurul Asyifah, Ilham Muchtar, Samsuriadi Samsuriadi

Abstract


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan Metode Iqra’ di TPA Al Ikhlas sudah dilaksanakan semaksimal mungkin untuk diterapkan, dibuktikan dengan persiapan yang terencana mulai dari perencanaan, proses pembelajaran sampai pada evaluasi 2). Efektivitas metode Iqra dari fakta-fakta berdasarkan kurung waktu yang diteliti metode Iqra’ dapat meningkatkan kefasihan tilawah Al-Qur’an pada santri. Dengan indikator santri mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar dan santri mampu membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid. Walaupun demikian, ada beberapa santri yang belum terlalu lancar dikarenakan daya tangkap setiap santri berbeda-beda. Ada santri yang lancar bacaannya tapi, masih kurang pada tajwidnya, dan sebagainya. Sehingga, tidak semua santri  mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang sama persis. 3). Faktor pendukung dari dari Penerapan Metode Iqra’ di TPA Al Ikhlas Makassar ialah karena adanya dukungan penuh dari berbagai pihak yang terlibat, sarana dan prasarana yang baik dalam menjalankan sebuah metode karena jika sebuah metode tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai maka akan membuat rancu dan tidak efektif, serta materi yang terstruktur. Dan yang menjadi faktor penghambat penerapan metode Iqra’ dalam pembelajaran Al-Qur’an yaitu, faktor dalam diri anak. Hal ini disebabkan karena anak-anak yang sedang berada di fase pengajaran ini masih senang dengan  bermain-main dan juga karakter yang berbeda, yang dimana ada anak yang lebih cepat paham dan bisa, kemudian ada anak yang harus diajarkan berulang agar bisa.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Metode Iqra’, Kefasihan, Al-Qur’an


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al-Karim

Ahmadi, Pikran, Efektivitas Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Al-Quran Di Mts 15 Muhammadiyah Medan, 2021.

Anita, Nur, dkk, 2020. Strategi Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Dengan Pendekatan Ilmu Tajwid Di Pondok Pesantren Al Kalijaring Jomban, Journal of Education and Management Studies Vol. 3, No. 2, April 2020.

Aniva Ulfa An, Pengaruh Kegiatan Qiroatul Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadits Di Mtsn Tulungagung, 2017

Burhan, Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi metodologi ke Arah Ragam Varian Kontemporer, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001).

Cholid, Narbuko. Abu, Achmadi, Metodologi Penelitian (Jakarta: Bumi Aksara, 2015).

Ekayanti,dkk. Analisis Kesalahan Makharijul Huruf dalam Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar.

Fahurroziy, Mustho & Halik, Abd, Efektifitas Penerapan Metode Iqro’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca A-Qur’an Di Tpa Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Pamekasan, 2022.

Hadinata, sumarlin, Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Secara Efektif Melalui Metode Ummi, Metode Qira’ati Dan Metode Iqra’ ( Studi Komparasi Multisitus Di: TPQ Darul Ulum, TPQ Nurul Bayandan, TPQ Sabilul Hadi) Kabupaten Lombok Utara, 2021

Istiqomah, Penerapan Tahsin tilawah dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-qur’an santri (Tpk pada santri usia 16-19 Tahun di Pon-pes Al-Qur’an AT-Thabraniyah Kota Serang), 2019.

Jaya, Septi, Aji, Fitra, Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam Jurnal Indo-Islamika, Volume 9, No. 2 Juli-Desember 2019/1440.

Jonathan, Mingkid, Gary, Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan, Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Vol 2 No. 2 (2017).

Kusuma, Yuanda ’Model-Model Perkembangan Pembelajaran Btq Di Tpq/Tpa Di Indonesia’ Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 5 No. 1 Juli-Desember 2018.

Moleong, J. Lexy. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja

Rosdakarya).

M. Fazil, Efektivitas Penggunaan Metode Iqra’ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Muallaf, Jurnal Peradaban Islam Vol. 2/No. 1, 2020.

Nazir, Muhammad, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985).

Safliana, eka 'Al-Qur'an Sebagai Pedoman Hidup Manusia' jurnal Islam Hamzah Fansuri Vol 3 No. 2 (Desember 2020).

Samadri, Efektivitas Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqra’ Di Tpa Al-Furqon Dusun Rejosari Sardonoharjo Ngaglik, Sleman Yogyakarta, 2020.

Satori, Djam.an, dkk Metodologi Peneltian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2008).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Surisno, (1982)Hadi, Metode Research, Jilid 1, Fak. Psikologi UGM, Yogyakarta.

Sutrisno, Hadi, Metodologi Research (Yogyakarta: Andi Offsed. 1993).

Zulfitria, & Zainal, (2019). Penerapan Metode Iqra Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di Tk Hiama Kids. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.