PERAN GURU TPA AL-HUSAINIYAH DALAM MENANGGULANGI KRISIS PEMAHAMAN AGAMA ISLAM PADA ANAK-ANAK DAN REMAJA AWAL DI KELURAHAN SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

Hamdi Arsyad, Rajiah Rajiah, Alamsyah Alamsyah

Abstract


Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui Bagaimana peran guru TPA Al-Husainiyah dalam menanggulangi krisis pemahaman agama Islam pada anak dan remaja awal dikelurahan Sungguminasa serta faktor pendukung dan penghambat pada peran guru TPA Al-Husainiyah dalam menanggulangi krisis agama Islam pada anak-anak dan remaja awal dikelurahan Sungguminasa. Jenis penelitian menggunakan jenis kualitatif. Lokasi dan objek penelitian berada di TPA Al-Husainiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Fokus penelitian yaitu Peran guru TPA Al-Husainiyah dalam menganggulangi krisis pemahaman Agama Islam, anak dan remaja awal. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa: Peran guru TPA Al-Husainiyah dalam menanggulangi krisis pemahaman agama Islam pada anak dan remaja awal di kelurahan Sungguminasa sangat berpengaruh dalam perkembangan pemahaman keislaman dan dampak yang dirasakan langsung baik anak maupun orang tua, anak yang telah mandiri dalam melakukan ibadah sehari-harinya dengan mandiri dan orang tua yang merasa bahwa anaknya mulai memiliki penigkatan-peningkatan pemahaman keislaman dasar. Faktor pendukung adalah adanya dukungan orang tua, motivasi anak untuk mengikuti setiap kegiatan TPA, dan lingkungan masyarakat sekitar TPA yang merasa terbantu dengan adanya                                      keberadaan TPA Al-Husainiyah. Adapun faktor penghambat yaitu daya tangkap/pemahaman santri, tingkat pendidikan orang tua yang dimana keluarga yang mengetahui tingkat pendidikan itu sangat berperan penting bagi anak tentulah orang tua sangat memperhatikan proses pendidikan anak, dan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar  sehingga yang terkadang bisa menyebabkan kurang efektifnya kegiatan belajar                                mengajar di TPA.

Kata Kunci: Peran guru, Pembinaan Anak, TPA


Full Text:

PDF

References


Al Qur’an Al Karim

Al-Mighwar Muhammad, Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru Dan Orang Tua, (Pustaka Setia, bandung, 2006)

Ali daud Mohammad, Pendiidkan Agama Islam (Depok: Rajawali Pers, 2018)

Ali Mohammad, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012)

Az- Zahidda Wida, Mentoring Fun (Cet. I; Surakarta: Indiva Media Kreasi, 2009)

B. Hurlock Elizabeth, Perkembangan Anak ( Jakarta: Erlangga, 1978)

B. Hurlock Elizabeth, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, edisi kelima, (Erlangga, Jakarta, 2006)

Davies K Ivor. Pengelolahan belajar , (Surakarta: Pt Rineka Cipta, 1996)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia,(Jakarta : Balai Pustaka, 1989)

Derajat Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 1978)

Dimiyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999)

Djamarah dan Aswan Zaini, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta : Rineka Cipta, 1996)

Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang, 1976.)

Fatimah Enung, Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik), (Penerbit Pustaka Setia Bandung, 2006)

Hasibuan J. J. Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995)

Hoker, Islam Mazhab Indonesia (Cet. I; Jakarta Selatan: Teraju, 2003)

Human As’ad, Budiyanto, Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan TPA-TPA Nasional, (Yogyakarta: LPTQ Nasional, 1995)

J.W, Santrock, Adolescence (8th ed.). North America: McGraw-Hill, 2001

Kartono Kartini, Psikologi Anak (Psikologis Perkembangan) (Bandung: Mandar Maju, 1995)

Kementerian Agama RI., Al-Qur'an dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Qur'an. (2012)

Kuswana Sunaryo Wowo, Taksonomi Kognitif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012)

Lubis Ridwan, Agama Dan Perdamaian (Cet. I; Jakrta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2017)

L.N Yusuf Syamsul, Psikologi Perkembangan Anak & Remaja (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009)

L.N Yusuf Syamsul, Perkembangan Peserta Didik (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013)

L Zulkifli, Psikologi Perkembangan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1986)

Moleong J. Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. ke- 13 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Pres, 2009)

Rajab Abdul, dkk, “Pemahaman Agama Islam di Lingkungan Masyarakat” Pendidikan Agama Islam, (Pare-Pare: UMP, 2019)

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Republik Indonesia. 2007. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia entang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta

Routhledge and Kegan Paul, Philosophy of education (London: T. W. Moore 1982)

Sharda Mualla, Jurnal Filsafat Islam dan Mistisisme (Yogyakarta: RusyanFikr, 2010)

Soekanto Soerjono, Sosiologi Pendidikan, (Bandung: Jenius, 1990)

Suardiman Partini Siti, Psikologi Pendidikan Studing (Yogyakarta: Andi Offset, 1988)

Sudijono Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.