STRATEGI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SDN 268 TOWUTI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran agama islam dengan bantuan media animasi siswa di sd 268 towuti. 2) untuk mengetahui hasil pembelajaran agama islam dengan bantuan media animasi siswa di sd 268 towuti. 3).untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media animasi di SDN 268 Towuti.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reaearch) dengan pendekatan kualitatif. data-data yang di perlukan dalam penelitian ini dokumentasi di gunakan untuk melengkapi data yang di butuhkan. seluruh data yang terkumpul dianalisis berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan secara desktriktif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan dalam proses pembelajaran strategi guru dalam proses pembelajaran menggunakan media yang tersedia di sekolah dan membuat isi media secara menarik, misalnya power point, dan juga untuk membuat siswa tidak jenuh dan lebih menarik dalam belajar guru kadang kala membuat video atau melakukan pemutaran film sesuai materi yang dberikan, adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan media pembelajaran yaitu guru PAI tidak pernah kekurangan waktu ataupun kelebihan waktu ketika mengajar PAI di kelas dengan adanya media elektronik yang digunakan, dan penyampaian yang diberikan guru, baik pada materi, proses tanya jawab dan penugasan memiliki waktu yang cukup efektif dan efesien, dengan menampilkan beberapa slide dengan point-point yang penting saja. siswa sangat bersemangat dan memiliki minat yang cukup baik dalam belajar PAI ketika guru menggunakan media elektronik pada proses pembelajaran di kelas, begitu juga respon yang di berikan dengan siswa memiliki pertanyaan dari apa yang telah ditampilan media elektronik. pendidik dituntut memiliki tanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya sebagai pengajar dan juga pendidik. kedisiplinan seorang pendidik datang tepat waktu sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar agar nantinya waktu yang ada dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran di kelas yaitu kondisi siswa dan kurangya fasilitas yang di sediakan sekolah sehingga dalam penggunaannya harus saling menunggu.
Kata Kunci: Strategi Guru,Media Animasi,Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an al-Karim
Abdul Majid, 2013. Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Ahmad, Abdul Karim. 2007. Media Pembelajaran.Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Aqib,Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung:Penerbit Yrama Widya.
Bambang Eka Purnama, 2013. Konsep Dasar Multimedia (Yogyakarta: Graha Ilmu)
Dina Indriana, 2011. Ragam alat bantu media pengajaran, (Yogyakarta: Diva Pres)
Hamzah B Uno dan Nurdin Mohammad, 2011.Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik (Jakarta: Bumi Aksara)
Hasan Langgulung, 1998 .Asas-asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Al-Husna)
Lexy J Moloeng, 2004. Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Muhibbin Syah, 2001. Psikologi Belajar, (Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu)
Muhibbin Syah, 2010. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Muhammad Rahman, 2013.Strategi dan Desain Pengembangan dan System Pembelajaran, (Jakarta, Prestasi Pustakarya)
Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif
Nana Sudjana, 2019.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung, Sinar Baru Algesindo)
Nunuk Suryani, 2012. Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Ombak)
Nur Syam, 1991. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, (Solo, CV Romadhoni)
Ridwan Abdullah Seni, Strategi Belajar Mengajar, Depok: PT Rajagrafindo Prasada
Rudi Susilana, 2011. Media Pembelajaran Bahasa, (Bandung: Remaja Rosdakarya)
Sugiono,2008 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) Jakarta: Alfabeta
Tutik Rachmawati dan Daryanto, 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik, (Yogyakarta: Gava Media)
Wina Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana)
Wina Sanjaya, 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana)
Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Prenda Media Group)
Refbacks
- There are currently no refbacks.