Manfaat pengajaran remedial terhadap penguasaan materi Pendidikan Agama Islam bagi siswa kelas V SD Inpres Mawang Kec. Bontomarannu Kab. Gowa

Nurlaeli Nurlaeli, Amirah Mawardi, Elli Elli

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran remedial pada mata pelajaran Pendidikan agama islam pada siswa kelas V SD Inpres Mawang Kec. Bontomarannu Kab. Gowa. 2) untuk mengetahui manfaat pengajaran remedial terhadap penguasaan materi Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SD Inpres Mawang Kec. Bontomarannu Kab. Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SD Inpres Mawang kec. Bontomarannu kab. Gowa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dianalisis berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpula secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pengajaran remedial, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tela melaksanakan kegiatan tersebut dengan maksimal. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan remedial tersebut dapat meningkatkan hasil belajar atau nilai ulangan peserta didik. Di mana peserta didik yang sebelumnya mendapat nilai di bawah KKM atau standar kelulusan, setelah melaksanakan kegiatan remedial nilai peserta didikpun mengalami peningkatan yang sangat maksimal, serta peserta didik yang sebelumnya kurang memahami pelajaran Pendidikan Agama Islam lebih memahami materi pelajaran yang sebelumnya kurang dipahaminya. 2) Manfaat pelaksanaan remedial pada siswa kelas V Sd Inpres Mawang kec. Bontomarannu kab. Gowa ialah meningkatkan hasil belajar peserta didik serta meningkatkan kepercayaan diri untuk melakukan hal baru, pelaksanaan remedial ini juga melatih siswa untuk lebih focus dalam menerima pembelajaran tidak hanya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saja tetapi juga pada mata pelajaran yang lain.

Kata kunci: manfaat pelaksanaan remedial bagi siswa


Full Text:

PDF

References


Alquran dan Terjemahan

Ahmadi Abu dan supriyono Widodo,

Ahmadi Abu dan Supriyono Widodo, Psikologi Belajar, (Jakarta: PT. Rineka cipta, 2004),

Arif Mahmud. “Pendidikan Islam Transformatif”, (Yogyakarta, Agustus 2007),

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Paktik (Jakarta: Rineka Cipta, 2012),

Aziz Asep, dkk. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar”, (Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung, 2020).

Dr. Zakiah Daradjat, dkk. Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. (PT Bumi Aksara Jl. Sawo Raya No. 18. Jakarta 13220).

Drs. Asmidir Ilyas, Dkk. “Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pembelajaran Remedial”. (Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Semarang; Januari 2017). Hlm 61-62.

Irwan, Manfaat Pengajaran Remedial Terhadap Penguasaan Materi, (Gowa, 2011).

Irwan, Manfaat pengajaran remedial terhadap penguasaan materi, (gowa, irwan, 2011).

Johar Rahmah, Hanum Latifah. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. (Syiah Kuala University press, Jl. Tgl Chik Pante Kulu No. 1 Kopelma Darussalam 23111, Kec. Syiah Kuala. Banda Aceh, Aceh, 2021).

Jurnal penelitian Pendidikan agama islam 9 (2), 2014.

Mahfud Rois. “Al-Islam Pendidikan Agama Islam” (Palangka Raya, Juni 2010).

Moleong Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya Offiset, 1998),

Muchlisin riadi, “fungsi, prinsip, pendekatan, dan bentuk-bentuk pembelajaran remedial,” kajianpustaka.com, www.kajianpustaka.com, oktober 24,2019.

Muzakkil Zacky,” Pendidikan Agama Islam dan Ruang Lingkup PAI”, Muzakkilanam.com, Oktober, 30, 2010.

Noo syam Muhammadad,“Pengantar” dalam Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1981).

nurjati Syekh, “proses belajar mengajar”, scholar.google.com, 11,2004.

Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya, https://www-gramedia-com.cdn.ampproject.org/c/s/www.gramedia. com/literasi/.penelitian-kualitatif/amp/#

Sudrajat Akhmad, “Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Remedial”. (Akhmadsudrajat.wordpress.com. 2008).

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2010).

Sugiono, Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2015)

Syaodih Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008),

Triano Ibnu, Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah. (Depok: PT Kharisma Utama Putra, 2017),

Warson Munawwir Ahmad, Kamus al-Munawwir, (Yogyakarta: PP. Krapyak, t.t).

Ibu Rosmiati Guru Agama, Wawancara 5 April 2023

Ibu Ramlawati Kepala Sekolah Sd Inpres Mawang, Wawancara, 6 April 2023

Peserta Remedial, Wawancara, 6 April 2023

Ibu Hajrah Wali kelas V, Wawancara, 6 April 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.